Pengembangan LKPD Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember
Abstract
Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan karena
seseorang yang melakukan kegiatan menulis harus dapat menyampaikan gagasan
dan perasaan dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca.
Keterampilan menulis perlu diajarkan kepada peserta didik Sekolah Dasar (SD)
agar peserta didik mampu menguasai keterampilan menulis dengan baik.
Pembelajaran keterampilan berbahasa tujuannya untuk meningkatkan
keterampilan berbahasa, meningkatkan kemampuan dalam mengungkapkan
gagasan, perasaan, serta pendapat tentang suatu peristiwa. Pada kurikulum 2013
(K13) tema 6 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV, terdapat KD 3.6 menggali
isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan dan KD 4.6 melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Keterampilan menulis puisi peserta didik di SD masih mengalami kesulitan
dalam tata cara penulisan puisi. Selain itu, minimnya kosakata dan kemampuan
peserta didik dalam mengolah kata masih kurang. Puisi yang cocok digunakan dan
telah dikenal yaitu puisi dengan teknik akronim. Dalam ragam puisi terdapat puisi
anak, salah satunya puisi akrostik. Untuk menjangkau imajinasi anak yang lebih
kompleks seorang guru dapat mensiasati proses pembelajaran puisi dengan
memberikan bahan ajar yang asyik dan mudah diterima oleh peserta didik, seperti
menggunakan bantuan lembar kerja peserta didik (LKPD).
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah validitas
LKPD melalui pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis
puisi pada peserta didik kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember?; 2)
Bagaimanakah efektivitas hasil pengembangan LKPD melalui pendekatan
kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas
IV A SDN Klompangan 02 Jember?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui validitas LKPD melalui pendekatan
kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi terhadap peserta didik
kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember; 2) untuk menguji efektivitas LKPD
melalui pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi
terhadap peserta didik kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan research
and development). Sumber data yaitu siswa kelas IV A SDN Klompangan 02
Jember. Proses yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan
observasi serta wawancara terhadap guru kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember
tentang proses pembelajaran yang dilakukan selama ini. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan metode wawancara, validasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu analisis data hasil validasi LKPD,
efektivitas hasil LKPD, dan persentase respon peserta didik.
Berdasarkan analisis penilaian, dari validator ahli yaitu Dosen PGSD FKIP
Universitas Jember (Bapak Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis. dan Ibu Nindya
Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.) dapat diketahui bahwa nilai validitas LKPD
Kontekstual adalah 94,2% yang mana termasuk ke dalam kategori sangat valid,
sehingga produk LKPD kontekstual dapat digunakan.
Kesimpulannya adalah validitas LKPD pada materi menulis puisi
mendapatkan hasil pada validasi ahli materi, bahasa, dan desain sebesar 94,2%,
dengan demikian hasil produk LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan
memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik
kelas IV pada materi yang berkaitan. Kefektifitasan LKPD yang telah dibuat dapat
dilihat dari meningkatnya kemampuan pada pre-test dan post-test peserta didik,
rata-rata N-gain kelas IV A SDN Klompangan 02 sebesar 0,68 dan termasuk
kategori sedang. Sehingga, penggunaan LKPD Kontekstual yang dipakai dapat
dikatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didik