• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (4.517Mb)
    Date
    2022
    Author
    APRILIANTI, Helda Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan menggunakan konsep, prosedur, fakta dan penalaran yang dimiliki setiap siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang lebih kontekstual. Hasil survei PISA yang diselenggarakan oleh OECD menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Faktor rendahnya kemampuan literasi matematika disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada konsep matematika dan cenderung hanya menghafalkan rumus saja, sehingga ketika siswa dihadapkan dengan soal yang bervariasi dan baru ditemui siswa akan bingung dan menganggap soal matematika sulit. Sehingga perlu adanya kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan hingga menerapkan pengetahuannya dalam situasi baru yang dikenal dengan High Order Thinking Skills (HOTS). Kemampuan literasi matematika seorang siswa dapat diukur menggunakan soal HOTS sebab menuntut siswa berpikir secara kritis, kreatif dan bernalar dalam memecahkan masalah. Setiap individu tentu memiliki pola pikir yang berbeda-beda dengan individu lainnya. Perbedaan antar individu dalam menyusun serta mengolah informasi ini dikenal dengan gaya kognitif. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Jember dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa gaya kognitif field dependent dan 2 siswa gaya kognitif field independent. Subjek pada penelitian ini dipilih berdasarkan hasil tes GEFT yang dilihat dari skor tertinggi dan hasil pekerjaan siswa dalam menjawab soal HOTS. Dari data yang telah diperoleh, menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa antara gaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal HOTS terdapat perbedaan. Pemenuhan indikator yang dicapai oleh siswa field dependent berbeda dengan siswa field independent. Pada penelitian ini menggunakan 3 proses matematisasi yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan memperhatikan kesesuaian siswa sebagai subjek penelitian yang mewakili kedua tipe gaya kognitif dan dilihat dari indikator literasi matematika yaitu merumuskan masalah secara matematis (formulate), menerapkan konsep, fakta prosedur, dan penalaran (employ), dan menafsirkan (interpret & evaluate). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS. Siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menggunakan semua indikator dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang disajikan. Siswa field independent lebih rinci dalam menyelesaikan suatu permasalahan hingga dapat menyimpulkan jawaban akhir yang dikaitkan kembali sesuai dengan masalah kontekstual.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112743
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository