Show simple item record

dc.contributor.authorGita Ayu Sahari
dc.date.accessioned2013-12-20T06:52:34Z
dc.date.available2013-12-20T06:52:34Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210191171
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11257
dc.description.abstractProses pembelajaran matematika di Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh aktifitas guru. Karena itu perlu dilakukan penerapan metode pembelajaran yang dapat membantu menigkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Sebagai salah satu bentuk usaha dalam mengontrol aktifitas siswa selama pembelajaran, dibutuhkan lebih dari satu guru agar pembelajaran dapat berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan, aktifitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model team teaching guna meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan kubus dan balok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk kontribusi referensi guru dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data dimulai tanggal 5 Mei sampai dengan 20 Mei 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB semester genap SMP Negeri 1 Sukowono Jember tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh bahan-bahan yang relevan dan akurat. Metode penenlitian adalah cara-cara yang dapat digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Adapun etode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes; (2) wawancara; (3) observasi; (4) dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari: (1) tindakan pendahuluan; (2) perencanaan; (3) tindakan; (5) refleksi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi yang berbeda. Berhasil atau tidak pelaksanaan siklus I, siklus II tetap dilaksanakan. Analisis data yang digunakan terdiri dari : (1) deskriptif kualitatif dilakukan pada kegiatan observasi, tanggapan siswa dan kesulitan-kesulitan siswa; (2) analisis kuantitatif yang di lakukan terhadap hasil tes siswa. Hasil dan kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model team teaching secara umum berjalan dengan lancar. Hanya saja keterbatasan waktu menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengelolahan pembelajaran dan bimbingan dilakukan bersama-sama dan adil. Secara bergantian pada setiap pertemuan, satu guru bertindak sebagai penyaji sedangkan guru lain bertugas membantu.; 2) Aktitivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model team teaching pada siklus I sebesar 81,77% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,61%; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model team teaching pada siklus I sebesar 84,62% meningkat pada siklus II menjadi 95,15%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191171;
dc.subjectPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL TEAM TEACHING GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 SUKOWONO JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record