Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa MA Pada Materi Gerak Parabola
Abstract
Pembelajaran fisika berkaitan dengan eksperimen, dimana eksperimen
digunakan sebagai bentuk pengaplikasian konsep fisika yang abstrak sehingga
diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu siswa dituntut aktif
selama proses pembelajaran serta mengembangkan keterampilan yang berkaitan
dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini mengukur
keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Kenyataannya nilai ulangan
harian fisika masih berada dibawah KKM serta siswa kurang aktif selama proses
pembelajaran di kelas, sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi beberapa
masalah ini. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti memiliki alternatif
solusi yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
PhET simulation. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengkaji pengaruh
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET
simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA, (2) mengkaji pengaruh
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET
simulation terhadap hasil belajar siswa MA.
Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 2 Jember dengan jenis penelitian quasi
eksperimen dimana terdapat dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Data yang diperoleh merupakan data nilai posttest siswa yang diuji
menggunakan program SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini meliputi uji homogenitas, uji normalitas dan uji independents sample
t-test. Hasil yang diperoleh pada pengujian hipotesis keterampilan proses sains
siswa yaitu H0 ditolak (Ha diterima), artinya ada pengaruh penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA. Hasil pengujian hipotesis yang kedua pada
hasil belajar kognitif siswa yaitu H0 ditolak (Ha diterima), artinya ada pengaruh
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET
simulation terhadap hasil belajar siswa MA. Berdasarkan analisis data dapat
disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning
berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA, (2)
Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan PhET
Simulation terhadap hasil belajar siswa MA.