Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Nur Kartika
dc.date.accessioned2013-12-20T06:47:17Z
dc.date.available2013-12-20T06:47:17Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210191041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11244
dc.description.abstractGuru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah (Undang-Undang No.14 Tahun 2005). Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mewajibkan guru untuk menjadi tenaga profesional dalam bidangnya. Profesionalisme guru dilakukan dengan adanya sertifikasi, dan seluruh guru harus memiliki sertifikat pendidik. Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi sejumlah persyaratan menuju guru profesional. Bahasan Profesionalisme Guru Setelah Tersertifikasi dipilih peneliti karena masalah profesionalisme guru dan sertifikasi saat ini sedang menjadi sorotan dalam bidang pendidikan. Dengan adanya sertifikasi, diharapkan guru akan semakin profesional dalam tugasnya dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, karena guru bisa mendapatkan uang tambahan dan mendapatkan pendapatan/penghasilan tanpa mengabaikan fungsinya sebagai guru. Dengan demikian, tentunya akan menambah penghasilan bagi guru yang diharapkan nantinya dengan tunjangan tersebut akan meningkatkan kesejahteraan dan guru akan semakin giat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional yang dimiliki guru matematika tingkat SMP/MTs setelah tersertifikasi di Kecamatan Gumukmas dan kecamtan Kencong. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive área yaitu SMP/MTs di Kecamatan Gumukmas dan Kecamatan Kencong. Penentuan viii responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive populative yaitu sebanyak 26 guru matematika yang telah tersertifikasi di Kecamatan Gumukmas dan Kecamatan Kencong. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu melakukan validasi dan reliabilitasi terhadap butir angket yang telah dibuat. Peneliti menggunakan 15 validator yaitu guru matematika tingkat SMP/MTs yang telah tersertifikasi. Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa semua pengujian pada butir angket menunjukkan bahwa seluruh data yang diperoleh adalah valid. Hal tersebut memenuhi persyaratan r ix hitung > r . Dengan demikian semua butir pernyataan dalam angket tersebut dapat digunakan dan dapat dipercaya untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Sedangkan hasil reliabilitas butir angket diperoleh nilai alpha 0,9750 yang berarti bahwa semua alat ukur yang digunakan reliabel. Hal ini dapat dilihat berdasarkan Cronbach alpha variabel dengan kriteria yang sangat tinggi. .,,,,,,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191041;
dc.subjectPROFESIONALISME GURU MATEMATIKA TINGKAT SMP/MTs SETELAH TERSERTIFIKASIen_US
dc.titleANALISIS PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA TINGKAT SMP/MTs SETELAH TERSERTIFIKASI DI KECAMATAN GUMUKMAS DAN KECAMATAN KENCONGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record