dc.description.abstract | Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata
pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Silabus dan RPP
digunakan oleh guru sebagai pedoman dalam mengajar, seperti yang telah diatur
dalam PP No.19 Tahun 2005 Pasal 20. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat pemahaman, pengembangan serta penggunaan silabus dan RPP matematika
yang dilakukan oleh guru di SMP se-Kecamatan Banyuwangi.
Penelitian dilakukan di daerah Kecamatan Banyuwangi, dipilih 7 SMP dengan
metode purposive sampling area, yaitu 4 SMP Negeri dan 3 SMP swasta.
Respondennya adalah guru matematika dari masing-masing sekolah yang dipilih,
yaitu ada 17 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi serta angket/kuesioner. Data
yang diperoleh meliputi tiga hal yaitu pemahaman guru matematika tentang silabus
dan RPP matematika, proses pengembangan silabus dan RPP yang dilakukan guru
matematika, dan implementasi silabus dan RPP oleh guru matematika. Data dari
ketiga hal tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan
dokumentasi yang kemudian dipersentasekan lebih dulu lalu dideskripsikan,
selanjutnya disimpulkan untuk setiap permasalahan (pemahaman silabus dan RPP matematika, pengembangan silabus dan RPP Matematika, dan penggunaan silabus
dan RPP Matematika).
Penelitian telah dilakukan pada tanggal 3-15 Nopember 2010, pada 4 SMP
negeri dan 3 SMP swasta di kecamatan Banyuwangi. Hasil penelitian menyatakan
bahwa 86% guru matematika SMP Negeri maupun Swasta di kecamatan
Banyuwangi, telah mengetahui bagaimana silabus dan RPP yang baik dan benar. Hal
ini dilihat dari beberapa kriteria yaitu pengertian silabus dan RPP, komponen-
komponen di dalam silabus dan RPP, landasan hukum tentang silabus dan RPP, serta
kepemilikan arsip silabus dan RPP. Sisanya 14% responden menjawab kurang
mengetahui tentang silabus dan RPP yang baik dan benar.
Pengembangan silabus yang dilakukan oleh guru matematika belum begitu
maksimal, hanya 11 responden (65%) dari total 17 responden yang mengembangkan
silabusnya, 6 responden (35%) menyatakan tidak mengembangkan silabus. Demikian
juga halnya dengan pengembangan RPP, masih terdapat kekurangan dalam RPP yang
dikembangkan. Hal yang paling mencolok yaitu tentang materi pembelajaran,
seharusnya pada setiap RPP yang dibuat harus diuraikan materi yang akan dipelajari
oleh siswa.
Penggunaan silabus dan RPP matematika dengan pembelajaran di kelas juga
belum maksimal, didapatkan hasil bahwa sekitar 65% (11 responden) yang
penggunaan RPP dan silabus matematikanya sesuai dengan pembelajaran di kelas,
kemudian 35% (6 responden) penggunaan RPP dan silabusnya tidak sesuai dengan
pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh faktor dari guru dan juga dari siswa. | en_US |