dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pencapaian perangkat pembelajaran matematika yang valid,
praktis, dan efektif berupa modul ajar, LKS dan THB berbasis STEM-PjBL serta menguji pengaruhnya
terhadap kemampuan berpikir kritis. Penggabungan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D
dilakukan dalam penelitian ini serta juga mencakup penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi karena
rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Hal ini dapat dilihat pada rapor pendidikan yang mana
pada indikator literasi, numerasi, maupun bernalar kritis masih dibawah kompetensi minimum. Penelitian
ini melibatkan 32 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebagai subjek uji coba dan kelas X
Teknik Sepeda Motor (TSM 1 dan 2) masing-amsing berjumlah 25 orang sebagai sampel. Pengukuran
dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, tes
hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil validasi untuk modul ajar, LKS, serta THB telah valid dengan
skor secara berurutan adalah 4,77; 4,70; dan 4,81. Pada hasil kepraktisan diperoleh hasil 92,00% dengan
kategori sangat baik. Nilai kefektifan menurut hasil penilaian hasil belajar yang telah dilaksanakan
diperoleh hasil 78,13% siswa tuntas mengikuti pembelajaran serta 93,75% siswa merespon positif
terhadap pembelajaran. Hasil pengujian t-test bahwa perangkat pembelajaran matematika model STEMPjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. | en_US |