Show simple item record

dc.contributor.authorWULANDARI, Riftiani Dwi
dc.contributor.authorPAMBUDI, Didik Sugeng
dc.contributor.authorPUTRI, Inge Wiliandani Setya
dc.contributor.authorKURNIATI, Dian
dc.contributor.authorAMBARWATI, Reza
dc.date.accessioned2023-02-24T08:37:54Z
dc.date.available2023-02-24T08:37:54Z
dc.date.issued2022-12-04
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112377
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis dan Adversity Quotient (AQ) berperan penting dalam proses menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMA berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada materi sistem persamaan linear tiga variable (SPLTV). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket ARP, soal tes, dan pedoman wawancara. Angket ARP diberikan kepada tiga kelas di sebuah SMA Negeri di Jember, Indonesia. Dari 3 kelas tersebut dipilih 7 subjek penelitian, di mana 3 siswa dengan kategori AQ tinggi, 3 siswa AQ sedang, dan 1 siswa AQ rendah. Kemudian, mereka diberikan masalah matematika topik SPLTV untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori AQ tinggi cenderung mempunyai kemampuan berpikir kritis sangat tinggi dan tinggi. Siswa kategori AQ sedang cenderung mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dan sedang, serta siswa kategori AQ rendah cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat rendah. Saran untuk siswa perlu meningkatkan AQ agar mampu memiliki kemampuan berpikir kritis yang optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)en_US
dc.subjectAdversity Quotient (AQ)en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectMasalah SPLTVen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabelen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record