Show simple item record

dc.contributor.authorAngga Maulana Priyanto
dc.date.accessioned2013-12-20T06:41:04Z
dc.date.available2013-12-20T06:41:04Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM050210191147
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11226
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Tempurejo Jember, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan tentang pemecahan masalah soal cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari terutama pada materi aritmatika sosial. Di sekolah tersebut belum pernah diterapkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya dan di dalam kelas guru hanya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Hasil pembelajaran konvensional yang seperti itu ternyata kurang memuaskan karena nilai dari ujian siswa masih rendah dan kebanyakan siswa masih mengalami kesulitan tentang pemecahan masalah soal cerita, terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini juga berakibat pada keaktifan siswa yang sangat kurang. Dalam pembelajaran untuk memecahkan masalah model Polya ini selain ditekankan masalah materi, siswa juga ditekankan pada proses menyelesaikan soal dengan empat langkah model Polya. Pada pembelajaran pemecahan masalah model Polya terdapat empat langkah, (1) memahami masalah, dalam tahap ini siswa menentukan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, apa syarat perlu untuk menyelesaikan soal, apa syarat yang telah dipenuhi, apa syarat cukup untuk menentukan yang tidak diketahui. (2) Perencanaan masalah, pada langkah ini strategi yang digunakan adalah mencoba untuk menentukan hubungan antara hal yang diketahui dan ditanyakan (3) Penyelesaian masalah, langkah ini mencakup perhitungan (pengerjaan hitung). (4) Memeriksa vii kembali, dalam langkah ini diusahakan untuk mengontrol bukti dan hasil maupun kegunaan gagasan bukti hasilnya untuk menguji persoalan lain Berdasarkan latar belakang di atas, maka perlu dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VIID SMP Negeri 1 Tempurejo Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012”. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya , bagaimanakah aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya, dan berapakah persentase ketuntasan belajar siswa setelah proses belajar menggunakan pemecahan masalah model Polya. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu dapat meningkatkan pemahaman tentang bagaimana menyelesaikan soal matematika dengan model Polya, dapat memberikan informasi kepada guru dengan mengantisipasi dan mempersiapkan diri untuk menentukan langkah-langkah yang tepat jika menemukan kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang dilakukan siswanya, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta dapat dijadikan bekal sebelum terjun langsung sebagai guru yang profesional serta dapat menjadi sumber informasi dan bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan skema penelitian Model Kemmis dan Mc Tanggart yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Tempurejo yang berjumlah 33 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa. viii Penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Tempurejo berhasil meningkatkan aktifitas siswa tiap pembelajaran dan juga meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Kendala yang didapi selama pembelajaran yaitu ada beberapa kelompok yang kurang aktif dan masih belum efektifnya pembelajaran pada siklus I dikarenakan siswa masih belum terbiasa dengan pengelompokan. Namun pada siklus 2 hampir semua kelompok sudah mulai aktif dan siswa sudah mulai terbiasa dengan bekerja kelompok sehingga pembelajaran sudah mulai terlihat efektifitasnya. Jadi secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran ini mampu menjadi solusi siswa dalam mengatasi kesulitan mengerjakan soal cerita, karena tujuan dari pembelajaran ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita. Aktivitas siswa pada penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Tempurejo bisa dikatakan aktif. Persentase keaktifan siswa secara klasikal di siklus I adalah 74,62 untuk pembelajaran pertama, 80,68 untuk pembelajaran kedua dan pada siklus II 82 untuk pembelajaran ketiga, 88,06 untuk pembelajaran keempat. Persentase ketuntasan belajar siswa setelah proses belajar menggunakan pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VIID SMP Negeri 1 Tempurejo yang berlangsung selama dua siklus. Pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 pada Siklus I, kemudian Pembelajaran 3 dan pembelajaran 4 pada siklus II. Pada siklus I pembelajaran belum mencapai ketuntasan secara klasikal karena persentase ketuntasan hanya mencapai 63 dari ketuntasan minimal 85 . Siklus ke dua barlangsung dengan baik sehingga sudah mencapai ketuntasan secara klasikal karena persentase ketuntasan mencapai 90 dari ketuntasan minimal 85 . Dari hasil tes I dan tes II dapat kita lihat terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191147;
dc.subjectPEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKAen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VIID SMP NEGERI 1 TEMPUREJO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record