• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal SPLTV Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey

    Thumbnail
    View/Open
    Iffah_repository.pdf (1.982Mb)
    Date
    2022-06-28
    Author
    NURDIAH, Iffah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan literasi matematika pada siswa sangatlah penting untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Literasi matematis pada siswa merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam meningkatkan kompetensi matematika sehingga literasi matematika menjadi konsep matematika yang diutamakan. Akan tetapi kemampuan literasi matematika pada siswa dalam menyelesaikan soal PISA masih kurang dan belum memuaskan, termasuk pada konten Change and Relationship. Salah satu materi yang dapat dikategorikan dalam konten Change and Relationship ini adalah Sistem Persamaan Linear Tiga variabel (SPLTV). Setiap individu dalam memecahkan suatu masalah tidak mungkin melakukan dengan cara yang sama dalam pendekatan dan pengambilan keputusannya. Salah satunya pada tipe kepribadian David Keirsey yang didalamnya terdapat empat golongan, yaitu artisan, guardian, idealist, dan rational. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, pelaksanaan penelitian di kelas X SMA Negeri 1 Kencong Jember pada Mei 2022. Penelitian ini terbagi menjadi 2 macam prosedur penelitian, yaitu prosedur pra penelitian dan prosedur penelitian kemampuan literasi matematika. Prosedur pra penelitian terdiri dari studi pendahuluan, kegiatan pendahuluan, pembuatan instrumen bantu, dan pemilihan subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket tipe kepribadian, soal tes, dan pedoman wawancara. Jumlah subjek sebanyak satu orang dari masing-masing tipe kepribadian yang dipilih berdasarkan hasil angket tipe kepribadian David Keirsey yang dominan dilihat dari perolehan skor angket dan hasil pemecahan masalah merupakan representasi dari kemampuannya. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan soal tes, kemudian kegiatan wawancara untuk menggali data lebih dalam terkait kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal SPLTV. Selanjutnya, analisis kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan hasil tes dan wawancara. ix Tahapan terakhir yaitu menyimpulkan hasil analisis dengan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal SPLTV ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey. Pengecekan keabsahan data terhadap hasil penelitian dilakukan dengan peningkatan ketekunan penelitian, seperti memeriksa kembali hasil angket tipe kepribadian, membaca berbagai sumber rujukan yang sesuai dengan penelitian, mengamati kembali hasil tes tulis, membandingkan data pada kutipan wawancara dengan hasil reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal SPLTV siswa artisan dan rational mampu dalam merumuskan situasi dan kondisi secara matematis dan menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika. Akan tetapi tidak mampu dalam mengevaluasi hasil matematika pada konteks nyata dan menarik suatu kesimpulan secara tepat. Siswa guardian dan idealist mampu dalam merumuskan situasi dan kondisi secara matematis. Akan tetapi tidak mampu dalam menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika dan menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika pada konteks nyata serta menarik kesimpulan secara tepat. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan guru untuk lebih sering menambahkan soal-soal yang berkaitan dengan penalaran matematis agar siswa dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh disekolah dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dan pertimbangan dalam melakukan penelitian yang serupa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112107
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository