Show simple item record

dc.contributor.authorULUM, Fuad Bahrul
dc.contributor.authorSUTOYO, Sutoyo
dc.contributor.authorARIMURTI, Sattya
dc.date.accessioned2023-02-13T23:56:33Z
dc.date.available2023-02-13T23:56:33Z
dc.date.issued2022-06-01
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112073
dc.description.abstractPembelajaran dengan pendekatan pengembangan ketrampilan merupakan strategi yang sering dipakai dalam pembentukan sikap ilmiah. Prakatikum merupakan metode pembelajaran yang diselenggarakan terhadapa mahasiswa STIKES dr. Soebandi Jember dalam pengenalan dan penggunaan Mikroskop, serta pendalaman materi pembelajaran bentuk dan struktur sel. Pelaksanaan praktikum selama pandemi Covid-19 di Jurusan biologi Universitas Jember dilakukan secara online. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran online terhadap capaian pembelajaran yang direkam dari kegiatan praktikum. Penelitian dilakukan dengan analisis data capaian pembelajaran dan menguji signifikansi skor rerata nilai laporan praktikum dan membandingkannya dengan tes akhir. Hasil penelitian diketahui bahwa capaian pembelajaran terendah adalah tes akhir yang dipengaruhi oleh beban materi pembelajaran yang diujikan. Pembelajaran berbasis aktivitas dan dilengkapi dengan kecukupan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa memberikan hasil optimal dalam penilaian capaian pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jemberen_US
dc.subjectpraktikumen_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.subjectonlineen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.titlePendampingan Praktikum Pengenalan Mikroskop Serta Bentuk dan Struktur Sel Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan Stikes Dr. Soebandi Jember Secara Onlineen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record