Show simple item record

dc.contributor.authorUmakyah
dc.date.accessioned2013-12-20T06:29:49Z
dc.date.available2013-12-20T06:29:49Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210192148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11197
dc.description.abstractHasil analisis skor post tes kelas VII-D SMPN 1 Bangsalsari menunjukkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa masih rendah yaitu hanya 19,44% dari total 36 siswa yang memiliki skor diatas 70 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jika ditinjau dari aktivitas belajar fisika siswa di kelas, siswa kelas VII-D memiliki aktivitas yang rendah. Rendahnya aktivitas belajar fisika siswa di kelas ditunjukkan oleh; (1) hanya ada 16 orang siswa yang mencatat setelah guru menjelaskan materi; (2) pada saat guru bertanya, hanya ada 11 orang siswa yang menjawab pertanyaan dari guru; (3) ketika guru memberikan kesempatan bertanya, hanya ada 3 orang siswa yang mengajukan pertanyaan; (4) saat guru memberikan latihan soal, hanya ada 19 orang siswa yang mengerjakan soal, namun ketika diminta untuk mengerjakan di depan kelas, hanya 4 orang siswa yang maju. Skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa adalah 34,49%. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas kelas VII-D SMPN 1 Bangsalsari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi; (2) Bagaimanakah meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi; (3) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi; (3) Bagaimanakah meningkatkan vii ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan serta meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII-D SMPN 1 Bangsalsari. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa persentase aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebelum tindakan (pra siklus) adalah 41,44% kriteria cukup aktif, pada siklus 1 sebesar 61,48% kriteria aktif dan pada siklus 2 sebesar 80,19% kriteria sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa sebelum tindakan (pra siklus) adalah 27,78%, pada siklus 1 sebesar 61,11%, dan pada siklus 2 sebesar 94,44%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 0,49 kriteria sedang dan siklus 2 sebesar 0,90 kriteria tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) Aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan dari pra siklus 41,44% kriteria cukup aktif menjadi 61,48% pada siklus 1 dengan kriteria aktif dan 80,19% pada siklus 2 dengan kriteria sangat aktif; (2) Meningkatkan Aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan menuntut siswa untuk berperan aktif dalam penyelesaian masalah; (3) Ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 0,49 dalam kriteria sedang, dan siklus 2 sebesar 0,90 dalam kriteria tinggi; (4) Meningkatkan dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode demonstrasi dilakukan dengan menekankan proses untuk memperoleh produk pengetahuan fisika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192148;
dc.subjectFISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE DEMONSTRASIen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII-D SMPN 1 BANGSALSARIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record