Show simple item record

dc.contributor.authorNetta Wahyu Ariany
dc.date.accessioned2013-12-20T06:17:14Z
dc.date.available2013-12-20T06:17:14Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210102024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11173
dc.description.abstractSains merupakan bagian dari mata pelajaran pengetahuan alam yang mempelajari tentang gejala alam. Siswa sering menganggap bahwa belajar fisika adalah pelajaran yang tidak menyenangkan, penuh dengan rumus, hanya duduk dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di meja belajar, tanpa diiringi kesadaran untuk menggali konsep lebih dalam yang sebenarnya dapat menambah wawasan ataupun mengasah keterampilan. Siswa harus diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitasnya secara optimal, sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal. Struktur kognitif siswa yang telah terbentuk disebut sebagai pra konsepsi, namun perlu disadari bahwa pra konsepsi yang dimiliki siswa belum tentu benar, sehingga dalam otak siswa sudah ada konsepsi siswa, apabila pengalaman atau informasi baru tidak cocok dengan struktur kognitif siswa maka dapat menimbulkan konflik dan terjadilah proses asimilasi dan akomodasi. Perubahan konsep dengan membentuk struktur kognitif yang cocok dengan informasi baru diperlukan pendekatan pengubah konsepsi berupa pendekatan konflik kognitif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji aktivitas belajar siswa selama penerapan pendekatan konflik kognitif dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika di SMP, (2) Mengkaji perbedaan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan pendekatan konflik kognitif dengan metode eksperimen dengan pembelajaran konvensional di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan post test only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan persentase aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan uji dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis aktivitas belajar siswa dilakukan selama proses belajar mengajar fisika menggunakan pendekatan konflik kognitif dengan metode eksperimen. Nilai terendah terdapat pada aspek melakukan Eksperimen 70,62% hal ini karena mereka masih kesulitan dalam melakukan Eksperimen. Nilai tertinggi adalah aspek menjawab pertanyaan 86,74%, dengan adanya bantuan LKS dan bimbingan guru kepada siswa saat proses belajar mengajar membuat siswa memahami materi yang diberikan, sedangkan bekerjasama memiliki nilai 84,00% karena selain harus bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri, siswa dituntut untuk saling bekerjasama antar kelompok. Bertanya 75,85%, karena pada aspek ini lebih bersifat pada pemahaman individu sehingga mereka merasa malu untuk bertanya jika ada materi yang kurang paham, mengumpulkan data diperoleh nilai sebesar 70,77%, berpendapat 72,96%, siswa masih belum bisa maksimal saat mengeluarkan argumen saat melakukan diskusi, dan membuat kesimpulan 83,92%. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 sehingga maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konflik kognitif dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung serta mempengaruhi hasil belajar fisika siswa setelah proses pembelajaran. Pendekatan konflik kognitif dapat dijadikan pertimbangan oleh guru untuk diterapkan pada pembelajaran fisika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102024;
dc.subjectPendekatan Konflik Kognitif, Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record