dc.description.abstract | Kopi menjadi salah satu komoditas perkebunan yang peranannya cukup
penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja,
sumber pendapatan dan devisa negara. Sebagai komoditas ekspor, harga kopi
sangat dipengaruhi oleh harga di pasar internasional yang bersifat fluktuatif. Oleh
karena itu, petani kopi selalu berupaya mencari informasi mengenai
perkembangan harga kopi khususnya pada saat memasarkan kopinya. Informasi
harga kopi akan dapat disebarkan kepada semua petani melalui peran-peran
individu yang saling berkomunikasi (melakukan pertukaran informasi). Melalui
pendekatan kelompok, proses penyebaran berbagai informasi pertanian akan
menjadi lebih cepat dan terarah. Dari serangkaian hubungan (komunikasi) yang
terjalin diantara individu dalam kelompok tani karena adanya pertukaran
informasi diantara individu tersebut akan membentuk sebuah jaringan
komunikasi. Penelitian dilakukan di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten
Jember pada kelompok tani Sidomulyo I sebagai salah satu kelompok tani kopi
berjenis robusta yang telah berstandardkan ekspor dengan penetapan harga kopi
mengikuti harga kopi internasional.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui struktur dan peran spesifik
individu dalam jaringan komunikasi pada kelompok tani Sidomulyo I, (2)
mengetahui tingkat keterbukaan klik, tingkat keterhubungan komunikasi, dan
tingkat kekompakan jaringan komunikasi pada kelompok tani Sidomulyo I.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif dan analitik, pengambilan contoh
secara total sampling yaitu sebanyak 30 responden. Analisis yang digunakan
adalah sosiometri, indeks keterbukaan klik, indeks keterhubungan komunikasi,
dan indeks kekompakan jaringan komunikasi.
vi
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Struktur jaringan komunikasi yang
terbentuk pada kelompok tani Sidomulyo I cenderung memusat atau berbentuk
roda yang berarti dapat memecahkan permasalahan dengan cepat, akan tetapi
masih menunjukkan rendahnya akses informasi yang dimiliki oleh anggota
kelompok tani Sidomulyo I. (2) Peran spesifik individu dalam jaringan
komunikasi kelompok tani Sidomulyo I ada 2 (dua), yaitu star (bintang) dan
opinion leader (pemimpin opini), (3)Tingkat keterbukaan klik pada jaringan
komunikasi kelompok tani Sidomulyo I adalah rendah, yang ditunjukkan
dengan indeks rata-rata tingkat keterbukaan klik sebesar 0,041.(4) Tingkat
keterhubungan komunikasi pada jaringan komunikasi kelompok tani
Sidomulyo I juga rendah, ditunjukkan dengan indeks keterhubungan
komunikasi sebesar 0,188. dan (5) Tingkat kekompakan jaringan komunikasi
pada kelompok tani Sidomulyo I rendah ditunjukkan dengan indeks
kekompakan sebesar 31,26%. | en_US |