Show simple item record

dc.contributor.authorISMIHARTO, inggil
dc.date.accessioned2023-01-13T07:22:21Z
dc.date.available2023-01-13T07:22:21Z
dc.date.issued2022-11-29
dc.identifier.nim150210101051en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111620
dc.description.abstractEtnomatematika adalah matematika yang ditemukan dalam budaya masyarakat yang tanpa sadar telah menerapkan konsep matematika dalam budayanya. Tujuan dari penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada Kesenian Barong Kemiren. Subjek penelitian ini adalah tiga orang yaitu ketua Kesenian Barong Kemiren, budayawan yang paham tentang sejarah Kesenian Barong Kemiren dan penari Barong Kemiren. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya etnomatematika pada Kesenian Barong Kemiren. Unsur geometri yang ditemukan meliputi: bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran), bangun ruang (kubus, balok, dan tabung), kesebangungan, kekongruenan, dan transformasi geometris (refleksi). Etnomatematika pada penelitian ini digunakan utnuk menyusun LKS dengan materi kesebangunan dan kekongruenan untuk kelas IX.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.titleEtnomatematika pada Kesenian Barong Kemiren Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Geometrien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pd.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record