Show simple item record

dc.contributor.authorNaily Dinul Qoyyimah
dc.date.accessioned2013-12-20T06:08:09Z
dc.date.available2013-12-20T06:08:09Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210102048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11160
dc.description.abstractFisika bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja tapi juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga keterampilan proses sains sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran sains. Salah satu tujuan mata pelajaran fisika di SMA/MA berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dimaksudkan sebagai wahana untuk melatih siswa supaya dapat mengembangkan keterampilan proses sains melalui pemberian pengalaman belajar secara langsung dengan melakukan penyelidikan atau kerja ilmiah. Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung siswa untuk menguasai pengembangan konsep adalah model learning cycle 5E. Model learning cycle 5E merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang mengacu pada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar. Model pembelajaran ini memiliki manfaat agar tujuan pembelajaran tercapai melalui kegiatan belajar yang berpusat pada siswa sehingga siswa dapat membangun pengetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Tahapan-tahapan model learning cycle 5E terdiri dari engage, explore, explain, elaborate, dan evaluate. Tujuan dari penelitian ini adalah: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, tes, dan observasi. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan mempresentase hasil penilaian jawaban LKS dan hasil observasi kemudian ditentukan kriterianya. Dan teknik analisa data untuk hasil belajar siswa menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test. Data keterampilan proses sains yang diperoleh yaitu rata-rata seluruh aspek keterampilan proses sains adalah 85,51%. Apabila disesuaikan dengan kriteria keterampilan proses maka tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil belajar data yang diperoleh yaitu nilai probabilitas Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah:en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102048;
dc.subjectKeterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Fisika, Pembelajaran Fisika, Model Learning Cycle 5Een_US
dc.titleKETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA MELALUI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E LEARNING CYCLE 5E LEARNING CYCLE 5Een_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record