Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Danil Saolika
dc.date.accessioned2013-12-20T06:04:18Z
dc.date.available2013-12-20T06:04:18Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210192064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11155
dc.description.abstractFisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental seseorang yang kuat. Masih tingginya ketergantungan siswa terhadap guru fisika merupakan salah satu faktor yang juga mempengaruhi pembelajaran fisika. Sehingga permasalahanpermasalahan tersebut berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa supaya mudah memahami konsep fisika dan mengubah ketergantungan siswa terhadap guru menjadi proses pembelajaran yang terpusat pada siswa ( student centre). Adapun pembelajaran yang dapat diuji cobakan yaitu penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM untuk meningkatkan multirepresentasi fisika siswa di SMK (hukum kelistrikan arus searah). Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran (kemampuan representasi verbal, matematik, gambar dan grafik) setelah penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM di SMK; (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM dengan pembelajaran konvensional di SMK; (3) untuk mendeskripsikan retensi belajar fisika siswa setelah penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM di SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu true experimental design. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Penentuan tempat menggunakan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus normalized gain (Ng) untuk menjawab rumusan masalah pertama, menggunakan uji Independent Sample T Test dengan program SPSS 15 untuk menjawab rumusan masalah kedua dan menggunakan rumus recognition method untuk menjawab rumusan masalah ketiga. Analisis data untuk kriteria peningkatan kemampuan multirepresentasi fisika siswa diperoleh kemampuan representasi verbal Ng = 0,452 tergolong kategori sedang, matematik Ng = 0,474 tergolong kategori sedang, gambar Ng = 0,769 tergolong kategori tinggi dan grafik Ng = 0,907 tergolong kategori tinggi. Analisis data hasil belajar fisika siswa dengan uji Independent Sample T Test diperoleh (Sig. (2-tailed)) = 0,016, maka 0,016 < 0,05 yang berarti (Ha diterima, Ho ditolak) serta diperkuat dengan 2,481 ≥ 2,0049 atau t hitung ≥ t yang secara teoritis juga menyatakan (Ha diterima, Ho ditolak). Analisis retensi belajar fisika siswa di kelas eksperimen diperoleh persentase retensi sebesar 98,89 % yang berarti kriteria retensi tergolong kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM di SMK Negeri 2 Jember secara umum dapat meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar dan grafik (VMG2) dengan kriteria representasi verbal pada kategori sedang, matematik pada kategori sedang; gambar pada kategori tinggi dan grafik pada kategori tinggi; (2) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM dengan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 2 Jember; (3) retensi belajar siswa dengan penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM tergolong dalam kategori sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192064;
dc.subjectModel Problem Solving Kelompok, Software PSIM, Multirepresentasi Fisika Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING SECARA KELOMPOK DISERTAI SOFTWARE PSIM UNTUK MENINGKATKAN SECARA KELOMPOK PSIM UNTUK MENINGKATKAN MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA DI SMK (Hukum Kelistrikan Arus Searah)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record