• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai-nilai Pendidikan Karakter Kearifan Lokal Banyuwangi dalam Sejarah Tari Jejer Gandrung Karya Samsul Muarief serta Pemanfaatannya sebagai Alternatif Media Ajar Membaca Menggunakan Aspek 5W+1H Siswa Kelas V SD

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Minggiadita Dardanela.pdf (5.592Mb)
    Date
    2022-11-18
    Author
    DARDANELA, Minggiadita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan pribadi dan intelektual siswa tidak lepas dari faktor lingkungan dan tempat tinggal yang mempengaruhinya untuk membentuk suatu karakter pada diri siswa. Pendidikan karakter di SD merupakan sebuah upaya untuk membangun karakter pada diri siswa agar membentuk kepribadian yang berkarakter, selain itu juga bertujuan untuk membentuk siswa yang cerdas dan beretika dalam sikap maupun bertutur kata, sehingga dapat tercipta penerus bangsa yang memiliki sikap dan budi pekerti luhur yang baik. Penanaman nilainilai pendidikan karakter pada diri siswa salah satunya dapat dengan melalui media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik setiap siswanya dan kearifan lokal setempat dapat menjadi alternatif untuk menarik minat siswa. Berkaitan dengan kearifan lokal, Kabupaten Banyuwangi memiliki berbagai macam keanegaragaman kesenian tradisional yang salah satunya yaitu tari Jejer Gandrung dengan ciri khas pakaian serta riasannya yang menarik. Pemanfaatan dalam sejarah tari Jejer Gandrung dapat digunakan sebagai alternatif oleh guru sebagai bahan ajar membaca kepada siswa yang menggunakan aspek 5W+1H. Bahan ajar yang digunakan berupa audio visual (video pembelajaran) menerangkan mengenai sejarah tari Jejer Gandrung Banyuwangi serta kearifan lokal. Aspek 5W+1H digunakan untuk mengidentifikasi disetiap paragraf teks cerita sejarah tari Jejer Gandrung Banyuwangi. Pembelajaran yang terkait dengan pemanfaatan teks sejarah tari Jejer Gandrung karya Samsul Muarief ini yakni untuk kelas 5 tema 7 peristiwa dalam kehidupan, subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajah. KD 3.5 menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dan 4.5 memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karkter yang terdapat dalam sejarah tari Jejer Gandrung Banyuwangi? (2) bagaimanakah kearifan lokal yang ada pada sejarah tari Jejer Gandrung Banyuwangi? (3) bagaimanakah pemanfaatan sejarah tari Jejer Gandrung Banyuwangi sebagai alternatif media ajar membaca menggunakan aspek 5W+1H kelas V SD? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dan kearifan lokal sejarah tari Jejer Gandrung Banyuwangi serta pemanfaatannya sebagai alternatif media ajar membaca memggunakan aspek 5W+1H siswa kelas V SD. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter pada teks sejarah tari Jejer Gandrung terdapat (1) nilai jujur, (2) nilai disiplin, (3) nilai mandiri, (4) nilai kreatif, dan (5) nilai cinta tanah air. Sejarah tari Jejer Gandrung terbukti mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks sejarah tari Jejer Gandrung karya Samsul Muarief sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media ajar berupa video pembelajaran. Adapun saran dari penelitian ini, yaitu (1) bagi pihak sekolah dapat sebagai media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran; (2) bagi guru penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan KD 3.5 dan 4.5; dan (3) bagi peneliti lain diharapkan bisa sebagai acuan reerensi dan masukan penelitian selanjutnya dalam menggunakan kearifan lokal setempat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111519
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository