Show simple item record

dc.contributor.authorFitria Rahmawati
dc.date.accessioned2013-12-20T05:03:49Z
dc.date.available2013-12-20T05:03:49Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210102033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11113
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan proses belajar mengajar tentang kejadian alam. Salah satu penyebab sulitnya pembelajaran fisika antara lain karakteristik materi fisika yang bersifat abstrak sulit untuk divisualisasikan. Hal tersebut menimbulkan kesulitan siswa dalam menelaah konsep fisika yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Adapun model yang diterapkan yakni Model Teaching With Analogies (TWA). Adapun tujuan dari penelitian ini yakni mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa dan retensi belajar fisika siswa antara yang menggunakan Model Teaching With Analogies (TWA) dan yang tidak menggunakan Model Teaching With Analogies (TWA). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di MA Negeri 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized post-test only control group. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai t hitung 6,68 dibandingkan dengan nilai t tabel 1,66, berdasarkan pedoman pedoman uji t t vii hitung > t maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Demikian halnya dengan retensi belajar siswa diperoleh hasil nilai t hitung 3,651dibandingkan dengan nilai t tabel 1,66412, berdasarkan pedoman pedoman uji t t hitung > t tabel tabel maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan retensi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102033;
dc.subjectModel Teaching With Analogies (TWA), Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL TEACHING WITH ANALOGIES (TWA) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI MAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record