Show simple item record

dc.contributor.authorRIKKI INDAH FARIANA
dc.date.accessioned2013-09-19T05:40:46Z
dc.date.available2013-09-19T05:40:46Z
dc.date.issued2013-09-19
dc.identifier.nimNIM080210204107
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1110
dc.description.abstractSebagai seorang guru penting sekali membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, berperan langsung, kritis, dan kreatif serta bekerjasama dalam suatu pembelajaran. Guru harus mampu menyusun dan melaksanakan proses belajar mengajar agar peserta didik mampu membangun pengetahuannya sendiri. Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan yang berorientasi pada pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan; (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan; (2) untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPA menggunakan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap observasi dan tahap pelaksanaan tindakan . Subjek penelitian adalah siswa kelas IVb dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan, tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan dilksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam tiap siklus adalah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa setelah dilakukan tindakan telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 79%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil persentase secara klasikal aktivitas siswa menjadi 87.88%. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 66,67%, dan pada pembelajaran siklus II sebesar 84,85%. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah selama pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dengan bantuan media berbasis lingkungan mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah ilakukan guru hendaknya selalu melakukan pembaharuan dalam pembelajaran agar terwujud peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Saran dari hasil penelitian ini adalah: bagi guru sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar siswa; bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan; bagi lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Jember Lor 05.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204107;
dc.subjectMETODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DENGAN BANTUAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS IV-b DI SDN JEMBER LOR 05 TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record