Show simple item record

dc.contributor.authorElia Novalina
dc.date.accessioned2013-12-20T04:45:16Z
dc.date.available2013-12-20T04:45:16Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210192029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11108
dc.description.abstractHakikat fisika adalah pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal. Untuk mencapai sasaran tersebut, maka pembelajaran fisika perlu dilaksanakan secara baik dan benar sesuai dengan hakikat fisika. Dalam mengatasi pembelajaran yang kurang memberi tekanan pada proses pembelajaran maka lesson study merupakan upaya yang dipandang efektif untuk meningkatkan mutu guru dalam proses belajar mengajar. Pemilihan model pembelajaran adalah penting dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika. Model pembelajaran inquiry merupakan suatu serangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian yaitu pengaruh lesson study menggunakan model inquiry pada pembelajaran fisika siswa kelas X SMAN 1 Tenggarang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh lesson study menggunakan model inquiry terhadap aktivitas belajar siswa, (2) mengkaji pengaruh lesson study menggunakan model inquiry terhadap hasil belajar siswa, (3) mengkaji pengaruh lesson study menggunakan model inquiry terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan dengan purpose sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tenggarang. Sampel penelitian ditetukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan desain randomized post test only control group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisa menggunakan (1) analisis deskriptif aktivitas siswa selama lesson study menggunakan model inquiry, (2) uji t untuk mengkaji pengaruh lesson study menggunakan model inquiry terhadap hasil belajar siswa, (3) analisis deskriptif ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran lesson study menggunakan model inquiry dan kels kontrol. Aktivitas belajar siswa selama mengikuti lesson study menggunakan model inquiry diperoleh berdasarkan aktivitas secara kelompok, sedangkan observasi aktivitas belajar pada kelas kontrol adalah aktivitas individu. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 68,20% dan 36,23%. Dengan kriteria persentase pada lembar observasi aktivitas siswa diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Analisa data menggunakan SPSS 16 menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibanding dengan hasil belajar kelas kontrol yaitu 78,7 dan 75,2. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 16 menunjukkan bahwa t hitung = 3,485 dan t = 1,658. Setelah di konsultasikan pada taraf signifikansi 5% hasilnya adalah t tabel hitung > t tabel sehingga H ditolak dan H diterima. Dengan demikian lesson study menggunakan model inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada kelas eksperimen mencapai 85,36% dan kelas kontrol mencapai 51,28%. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. a Berdasarkan analisi data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) lesson study menggunakan model inquiry berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika SMAN 1 Tenggarang, (2) lesson study menggunakan model inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika SMAN 1 Tenggarang, (3) lesson study menggunakan model inquiry berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika SMAN 1 Tenggarangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192029;
dc.subjectesson Study, Model Inquiry, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENGARUH LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMAN 1 TENGGARANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record