Penerapan Digital Marketing Melalui Social Media pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) UD.Vira Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan digital marketing melalui social media pada UMKM UD.Vira Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD.Vira menerapkan digital marketing dalam pemasarannya melalui platform social media Instagram dan WhatsApp, dimana dalam penerapannya UD.Vira menggunakan konsep 4C yang terdiri dari context, communication, collaboration dan connection. Hasil penelitian menunjukkan keempat konsep tersebut telah dijalankan oleh UD.Vira, namun terdapat 2 konsep yang belum dilaksanakan secara maksimal yaitu communication dan connection. Pada konsep communication, pemberian informasi (caption) pada setiap postingan UD.Vira belum dapat memberikan jawaban yang dibutuhkan oleh konsumen seperti harga produk. Sedangkan untuk konsep connection, UD.Vira kurang memperhatikan penilaian produk oleh para konsumennya. Artinya dalam pelaksanaannya UD.Vira diketahui menjalankan konsep penjualan, dimana UD.Vira kurang membangun komunikasi dengan konsumennya serta kurang memperhatikan keluh kesah konsumen terhadap produknya.