Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Nada Puspita
dc.date.accessioned2022-11-18T06:09:15Z
dc.date.available2022-11-18T06:09:15Z
dc.date.issued2022-10-15
dc.identifier.nim180210402002en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110897
dc.description.abstractKetidaksantunan yaitu perilaku bertutur yang dapat menjadi sebab mitra tutur kehilangan muka sehingga menyebabkan mitra tutur merasa tersakiti hatinya dan dapat merenggangkan hubungan antara penutur dengan mitra tutur. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan wujud dan strategi ketidaksantunan berbahasa di akun TikTok @kompastvnews. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, pengamatan, dan FGD (Forum Group Discussion). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologi dan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini ditemukan sembilan wujud ketidaksantunan berbahasa yang terdiri atas wujud ketidaksantunan mengumpat, menuduh, menghina, memfitnah, menyalahkan, tidak peduli, menyumpahkan, mengejek, dan merendahkan. Kemudian, ditemukan strategi ketidaksantunan yang digunakan terdiri atas strategi ketidaksantunan secara langsung, strategi ketidaksantunan positif, strategi ketidaksantunan negatif, dan sarkasme atau kesantunan semu. Hal ini menunjukkan netizen akun TikTok @kompastvnews banyak menggunakan bahasa yang tidak santun pada saat berkomentar.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Parto, M.Pd. Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPragmatiken_US
dc.subjectKetidaksantunanen_US
dc.subjectMedia sosialen_US
dc.titleKetidaksantunan Tuturan Netizen pada Kolom Komentar di Akun TikTok @kompastvnewsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Parto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record