Show simple item record

dc.contributor.authorMULTAZAM, Achmad
dc.date.accessioned2022-11-14T16:05:28Z
dc.date.available2022-11-14T16:05:28Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.nim180210204131en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110769
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 14 Nopember 2022en_US
dc.description.abstractKesalahan Ejaan Pada Karangan Narasi Sejarah Siswa Kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajang; Achmad Multazam, 180210204131;2018: 46 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sudah semestinya dikuasai oleh seorang siswa. Kemampuan menulis dapat dilatih melalui pemberian tugas membuat karangan sederhana serta latihan yang dilakukan secara kontinue atau terus-menerus. Menulis memiliki kaidah-kaidah atau aturan yang telah disepakati bersama. Kaidah atau aturan tersebut harus diikuti dan tidak boleh dilanggar dalam penulisan sebuah karangan. Kenyataannya, masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan ejaan di lapangan, khususnya pada karangan narasi siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajang yang menjadi tempat penelitian. Kesalahan tersebut berupa kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah kesalahan ejaan pada karangan narasi sejarah siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajang? Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan kesalahan ejaan pada karangan narasi sejarah siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguraikan kesalahan ejaan dan mengetahui penyebab terjadinya kesalahan ejaan pada karangan narasi sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 01 Lumajang pada tanggal 8 Maret 2022. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ialah penelitian deskriptif. Data penelitian ini ialah kesalahan-kesalahan penggunaan ejaan yang berupa peggunaan huruf kapital dan tanda baca. Sumber data penelitian didapat dari hasil tulisan siswa yang berupa karangan narasi sejarah siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajang tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara dan tes. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan siswa, ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital pada judul karangan, awal kalimat, tengah kalimat, unsur nama orang, nama gelar, penulisan alamat, penulisan nama tempat, nama bulan dan hari. Kesalahan penggunaan tanda baca meliputi kesalahan penggunaan tanda titik (.), kesalahan penggunaan tanda koma (,), dan kesalahan penggunaan tanda hubung (-). Persentase kesalahan penggunaan huruf kapital dalam karangan siswa termasuk kategori kesalahan sedang dengan persentase 58,91%, kesalahan pengggunaan tanda baca titik termasuk kategori kesalahan rendah dengan persentase 20,3%, kesalahan penggunaan tanda baca koma termasuk kategori kesalahan sedang dengan persentase 50%, serta kesalahan penggunaan tanda baca hubung termasuk kategori kesalahan sedang dengan persentase 40%. Penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajang antara lain karena kurangnya pemahaman siswa mengenai kaidah penggunaan ejaan yang benar, kurangnya ketelitian terhadap penggunaan ejaan dan kurangnya latihan atau pembiasaan siswa dalam menulis sebuah karangan. Saran dari penelitian ini ialah perlunya pembiasaan menulis dan membaca oleh siswa, guru harus melakukan latihan-latihan menulis karagan pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswanya guna meminimalisir terjadinya kesalahan ejaan kembali, serta perlunya mengadakan penelitian lanjutan bagi peneliti lain dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain diharapkan dapat memberikan solusi untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKESALAHAN EJAANen_US
dc.subjectKARANGAN NARASI SEJARAHen_US
dc.titleKesalahan Ejaan pada Karangan Narasi Sejarah Siswa Kelas V SDN Wonorejo 01 Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record