Show simple item record

dc.contributor.authorMAISARI, Ayuk Puji
dc.date.accessioned2022-11-09T07:40:26Z
dc.date.available2022-11-09T07:40:26Z
dc.date.issued2022-09-23
dc.identifier.nim180210204035en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110738
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 9 Nopember 2022en_US
dc.description.abstractMenulis merupakan keterampilan mengkomunikasikan gagasan, pikiran dan informasi yang seharusnya dilatihkan sejak siswa berada dibangku sekolah dasar. Menulis dapat menumbuhkan kreativitas siswa, mengemukakan ide dan gagasannya secara runtut dan sistematis sehingga mudah untuk dipahami orang lain. Menulis sebuah surat hendaknya memperhatikan penggunaan huruf kapitan dan tanda baca yang baik dan benar pada kenyataannya bahwa masih terdapat kesalahan dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN Tegal Besar 01. Kesalahan penulisan huruf kapital sering dialami siswa-siswa kelas V, mengakibatkan siswa menulis tidak sesuai dengan tata penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Oleh karena itu, sangat perlu adanya kajian kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat yang dibuat oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember; 2) apakah faktor-faktor kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember; 2) faktor-faktor kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Besar 01 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan huruf kapital dan tanda baca pada surat undangan ulang tahun yang dibuat oleh siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah surat undangan ulang tahun yang ditulis siswa dan wawancara guru wali kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Analisis data kualitatif terdiri atas tiga proses yaitu tahap reduksi, tahap penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan panelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan penggunaan huruf kapital dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan yang terlihat adalah ketidaktepatan penggunaan huruf kapital yang seharusnya digunakan di awal kalimat, unsur geografi dan alamat, unsur nama orang, unsur tahun, bulan dan hari, serta kesalahan penggunaan huruf kapital ditengah kalimat. Persentase kesalahan penggunaan huruf kapital yang dilakukan siswa yaitu 62,90%. Kesalahan penggunaan tanda baca pada penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember termasuk kategori sedang dengan persentase 55,88% meliputi kesalahan penggunaan tanda titik dengan persentase 35,06%, kesalahan penggunaan tanda koma dengan persentase 87,5%, kesalahan penggunaan tanda titik dua dengan persentase 61,34%, kesalahan penggunaan tanda hubung dengen persentase 36,36%, dan kesalahan penggunaan tanda seru dengan persentase 100%; (2) faktor-faktor kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember meliputi faktor dari diri siswa sendiri, faktor pendidik/guru, faktor lingkungan. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru, untuk meningkatkan pengetahuan bagaimana mengetahui kesalahan-kesalahan yang umum atau yang sering terjadi dan memberikan pembenaran pada siswa, serta memberikan pemahaman bagaimana pentingnya memahami penggunaan huruf kapital dan tanda baca dengan baik dan benar khususnya menulis surat undangan. Bagi siswa, pembiasaan menulis dan membaca dapat menjadi alternatif dalam mempelajari penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang baik dan benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Bagi peneliti lain, untuk mengurangi kesalahan penggunaan yang sama. Bagi peneliti, untuk terus belajar dan memperbaiki kesalahan pengunaan huruf kapital dan tanda baca.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGGUNAAN HURUF KAPITALen_US
dc.subjectTANDA BACAen_US
dc.subjectUNDANGAN ULANG TAHUNen_US
dc.titleKesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Penulisan Surat Undangan Ulang Tahun Siswa Kelas V SDN Tegal Besar 01 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra.Suhartiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung-7 November 2022en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record