• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Psikologi Lintas Budaya dalam Novel “Rumah di Seribu Ombak” Karya Erwin Arnada dan Pemanfaatannya sebagai Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Final_Dini Silvia(98).pdf (1.355Mb)
    Date
    2022-09-05
    Author
    SILVIA, Dini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Psikologi lintas budaya merupakan kajian ilmiah tentang perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dipengaruhi dan dibentuk oleh kekuatan sosial budaya. Studi lintas budaya menguji dan membahas mengenai tingkah laku manusia dalam beragam latar belakang, misalnya gaya hidup, suku, ras, jenis kelamin, kelas sosial, dan lain sebagainya. Psikologi lintas budaya memiliki tujuan untuk membahas terkait cara-cara tradisi budaya memengaruhi, mentransformasikan, serta mengatur perilaku manusia dan fenomena kejiwaan. Sehubungan dengan hal tersebut, novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada ini banyak menggambarkan bagaimana kejiwaan tokoh yang terbentuk dan dipengaruhi oleh budaya. novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada yang menceritakan tentang kehidupan seorang anak singaraja bernama Samihi yang berasal dari Sumatra dan sahabatnya bernama Wayan Manik. Persahabatan antara Samihi dan Wayan Manik memiliki latar belakang yang berbeda dari segi budaya, adat-istiadat, agama, dan keluarga. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Rumusan masalah penelitian ini meliputi (1) Bagaimanakah dampak lintas budaya terhadap kejiwaan tokoh dalam novel Rumah di Seribu Ombak Karya Erwin Arnada?; (2) Bagaimanakah nilai-nilai yang dipengaruhi antar kelompok lintas budaya dalam novel Rumah di Seribu Ombak Karya Erwin Arnada?; (3) Bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA?. Jenis dan rancangan penelitian ini adalah kualitatif-interpretatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada dan silabus SMA kelas XII kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas empat tahap yakni reduksi data, penyajian data, prosedur analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pertentangan kebudayaan (cultural conflict) di antara masyarakat Muslim dan masyarakat Hindu Bali. Terdapat berbagai psikologi tokoh yang digambarkan oleh tokoh Samihi, tokoh Yanik dan tokoh Syamimi yang berupa, emosi yang dialami oleh para tokoh, perilaku yang dilakukan oleh para tokoh, serta konflik yang dialami oleh para tokoh dalam novel tersebut. (2) Terdapat nilai-nilai kehidupan masyarakat yang berupa nilai penghargaan antar kelompok budaya, nilai toleransi beragama dan nilai tolong menolong. (3) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII semester genap dengan kurikulum 2013. Kompetensi Dasar yang dijadikan acuan adalah KD 3.9; menganalisis isi dan kebahasaan novel. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini, terdapat beberapa hal yang belum dikaji dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan lain, seperti pendekatan psikologi pengarang (ekspreisif) dan pendekatan psikologi pembaca (pragmatik). Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan kajian yang lebih mendalam dan luas berkenaan dengan hal yang belum dibahas, seperti menggunakan pendekatan lainnya atau mengkaji psikologi lintas budaya dalam aspek-aspek yang lain, misalnya mitos, kepercayaan atau takhayul yang berkembang dan mempengaruhi pskologi tokoh-tokoh yang terdapat dalam karya sastra. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA)
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110733
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository