Show simple item record

dc.contributor.authorBambang Putra Kurniawan
dc.date.accessioned2013-12-20T03:27:45Z
dc.date.available2013-12-20T03:27:45Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210192140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11052
dc.description.abstractPembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di MTs Nurul Amin Jatiroto, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Data hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Nurul Amin Jatiroto masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan, dapat diketahui terdapat 44,1% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru, 41,2% siswa yang aktif bertanya, dan 36,3% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 40,3 %. Selain rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa kelas VIII-A juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil ulangan harian, dari 34 siswa terdapat 55,8% atau 19 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 44,12% atau 15 siswa mendapatkan nilai < 70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) disertai Penilaian Kinerja pada siswa kelas VIII-A MTs Nurul Amin Jatiroto, (2) meningkatkan hasil belajar fisika siswa setelah proses pembelajaran dengan menerapkan Children Learning In Science (CLIS) disertai Penilaian Kinerja pada siswa kelas MTs Nurul Amin Jatiroto. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-A MTs Nurul Amin Jatiroto tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 22 Mei 2012 sampai dengan 8 Juni 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah nilai aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan soal, bertanya, dan bekerja kelompok telah mengalami peningkatan dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis diperoleh aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 43,14% dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 76,96% dan pada siklus II menjadi 82,94%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23,53% dan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 97,06% dan pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model model Children Learning in Science disertai penilaian kinerja dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192140;
dc.subjectModel Pembelajaran Children Learning in Science, Penilaian Kinerja, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DISERTAI PENILAIAN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A MTS NURUL AMIN JATIROTOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record