Show simple item record

dc.contributor.authorAwik Kurniati
dc.date.accessioned2013-12-20T03:24:46Z
dc.date.available2013-12-20T03:24:46Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210102072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11047
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang gejala alam dan gejala-gejalanya. Untuk mempelajari fisika tidak hanya membaca, mendengarkan dan mengerjakan apa yang disuruh guru tetapi juga dapat mengalami dan mengkonstruksi pengetahuan yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Dari hasil observasi dan wawancara awal pada bulan Oktober 2011 dengan guru fisika SMP Negeri 1 Silo ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan guru. Berdasarkan hasil observasi awal dari 38 siswa hanya 14 siswa yang memperhatikan penjelasan guru; tiap guru memberi kesempatan bertanya hanya 2 siswa yang mengajukan pertanyaan; ketika guru memberi tugas hanya 13 siswa yang mengerjakan soal tepat waktu; ketika guru memberi pertanyaan siswa hanya 2 siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dengan Metode Praktikum pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 1 Silo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji aktivitas belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dengan Metode Praktikum pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Silo, (2) Untuk mengkaji ketuntasan hasil belajar fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dengan Metode Praktikum pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Silo. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, sebagai bahan masukan dan upaya perbaikan dalam menentukan model dan metode pengajaran yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran fisika, (2) Bagi sekolah yang terkait, dapat memberikan sumbangan pikiran dalam rangka mencari alternatif model pembelajaran fisika untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa, (3) Bagi peneliti lain, sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian sejenis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII D SMPN 1 Silo pada tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas memperhatikan penjelasan guru meningkat dari pra siklus 14 siswa menjadi 30 siswa pada siklus I, sedangkan pada siklus II meningkat sedikit menjadi 32. Aktivitas bertanya meningkat dari 2 siswa pada pra siklus menjadi 22 pada siklus I dan menigkat menjadi 25 pada siklus II. Aktivitas menjawab pertanyaan guru meningkat dari 4 siswa pada pra siklus menjadi 25 pada siklus I dan menigkat menjadi 28 pada siklus II. Aktivitas mengerjakan soal meningkat dari 11 siswa pada pra siklus menjadi 25 pada siklus I dan menigkat menjadi 27 pada siklus II. Sedangkan, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I, sebesar 28.95% yaitu dari 31.57% menjadi 60.52%. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus II dengan peningkatan sebesar 49.99% yaitu dari 31.57% menjadi 78.94%. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dengan Metode Praktikum dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntantasan hasil belajar SMP Negeri 1 Silo.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102072;
dc.subjectKooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI), Metode Praktikumen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS VII-D SMP NEGERI 1 SILOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record