dc.description.abstract | Tren gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan mulai
merambah pada dunia digital semenjak meningkatnya pengguna internet di
kalangan masyarakat. Tren belanja online yang terus meningkat di kalangan
masyarakat ternyata masih belum dimbangi dengan kepuasan konsumen.
Kepuasan konsumen mengalami penurunan di tengah meningkatnya tren belanja
online. Faktor yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen dalam berbelanja
secara online diantaranya adalah produk yang diterima tidak sesuai dengan produk
yang ditawarkan pada platform digital, keraguan terhadap keaslian review,
keamanan dalam bertransaksi, waktu pengiriman, serta adanya biaya tambahan.
Buah-buahan termasuk kedalam produk pertanian yang memiliki risiko lebih
tinggi jika dibandingkan dengan produk lainnya ketika dibeli secara online.
Keterbatasan konsumen dalam memilih produk karena produk yang dijual
tidak dapat dilihat dan dicoba secara langsung menjadikan konsumen merasa ragu
untuk membeli secara online, sehingga konsumen harus mempertimbangkan
atribut-atribut yang ada. Oleh karena itu, diperlukan sebuah informasi mengenai
karakteristik konsumen yang membeli buah-buahan segar secara online, tingkat
kepuasan konsumen terhadap pembelian buah-buahan segar secara online, serta
faktor-faktor apa saja yang berkorelasi terhadap tingkat kepuasan konsumen
dalam membeli buah-buahan segar secara online. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui karakteristik konsumen yang membeli buah-buahan segar secara
online melalui marketplace Shopee, tingkat kepuasan konsumen terhadap
pembelian buah-buahan segar secara online melalui marketplace Shopee, dan
faktor-faktor yang berkorelasi terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam
membeli buah-buahan segar secara online melalui marketplace Shopee.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif
dan analitik. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September-November 2021.
Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive method yaitu pada
produsen dan konsumen buah di Shopee yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur.
Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah accidental
sampling dengan sampel sebanyak 50 orang responden. Metode pengambilan data
dilakukan dengan kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis data pada
penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan karakteristik
konsumen yang membeli buah-buahan segar melalui Shopee, metode Customer
Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam
membeli buah-buahan segar melalui Shopee, dan metode Rank Spearman untuk
mengetahui faktor-faktor yang berkorelasi terhadap tingkat kepuasan konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsumen yang membeli buahbuahan
segar secara online melalui Shopee didominasi oleh konsumen berjenis
kelamin perempuan, dengan rentang usia 17-25 tahun, memiliki status pernikahan
belum menikah, berdomisili di Surabaya, pendidikan terakhir SMA/Sederajat,
pekerjaan belum bekerja atau masih berstatus sebagai pelajar/mahasiswa, serta
memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000 (2) nilai
Customer Satisfaction Index (CSI) tingkat kepuasan konsumen terhadap
pembelian buah-buahan segar secara online melalui Shopee adalah sebesar
77,61% dimana nilai tersebut tergolong dalam kategori puas dan sisanya sebesar
22,39 % kepuasan konsumen masih belum terpenuhi, (3) faktor yang berkorelasi
positif terhadap tingkat kepuasan konsumen adalah kualitas produk (X1), kualitas
kemasan (X2), kualitas pelayanan (X3), keterjangkauan harga (X4), keterjangkauan
biaya (X5), informasi produk (X6), promosi (X7), dan kemudahan transaksi (X8). | en_US |