Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Nanang Rasyid
dc.date.accessioned2013-12-20T03:18:48Z
dc.date.available2013-12-20T03:18:48Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210102043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11034
dc.description.abstractSalah satu sebab fisika dikatakan sebagai pelajaran yang sulit adalah karena fisika menuntut siswa untuk menguasai representasi-representasi berbeda secara bersamaan dan mengelola perubahan di antara representasi-representasi ini (Angel, 2004). Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) pendekatan dan metode yang digunakan dalam mengajarkan konsep-konsep fisika seolah menegaskan bahwa konsep-konsep fisika adalah kumpulan rumus matematis yang harus dihafalkan. Hal tersebut disebabkan kebanyakan guru fisika sering terjebak untuk mengajarkan fisika dengan hanya menonjolkan representasi matematis tanpa mengajarkan konsep fisika secara utuh dan tanpa menunjukkan peristiwa yang sebenarnya terjadi. Media foto dilengkapi gambar konsep fisika sebagai pemicu kemampuan representasi, yakni melalui media berupa foto yang dilengkapi gambar konsep fisika, diharapkan siswa dapat termotivasi untuk belajar dan melalui media ini siswa juga dapat mengetahui proses atau peristiwa fisika yang terjadi, dengan demikian pembelajaran nantinya dapat terfokus pada masalah tertentu dan siswa terlatih untuk dapat menyelesaikan soal, merepresentasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam bentuk representasi yang berbeda, sehingga mendorong siswa untuk membangun pemahaman terhadap situasi secara mendalam. Maka rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti adalah: (1) Bagaimana perbedaan hasil belajar fisika pada siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media foto dilengkapi gambar konsep fisika di SMA?, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dengan menggunakan media foto dilengkapi gambar konsep fisika dalam pembelajaran fisika di SMA?. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas dengan cara purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Kemudian desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Time-Series Design. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 kali pembelajaran dan 3 kali analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, Lembar Kerja Siswa, wawancara, tes dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji t two tail dua pihak untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan presentase aktivitas siswa, dan diikuti kajian terhadap respon siswa untuk memperkuat hasil kajian mengenai aktivitas siswa Analisis data dengan uji t di peroleh nilai t hitung pada masing-masing pertemuan, pertemuan pertama t hitung sebesar 11.890, pada pertemuan kedua sebesar 21.374, dan pada pertemuan ketiga sebesar 16.021. dengan db= 37 pada taraf signifikansi 5 % nilai t hitung > t tabel , maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Hasil analisis aktivitas diperoleh pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut adalah 78.29%, 80.82%, 86.84% dan jika dirata-rata sebesar 81.98% termasuk katagori sangat aktif, dan hasil ini diperkuat dengan adanya respon positif siswa terhadap berbagai aspek yang ditanya dengan rata-rata presesntase yang setuju 99%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) hasil belajar fisika siswa setelah pembelajaran menggunakan media foto dilengkapi gambar konsep fisika, lebih lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa sebelum pembelajaran, (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media foto dilengkapi gambar konsep fisika dapat digolongkan dalam kategori sangat aktif dan diperkuat dengan adanya respon positif dari angket yang telah diberikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102043;
dc.subjectMedia Foto, Gambar Konsep Fisika, Kemampuan presentasi (Verbal Dan Matematis)en_US
dc.titleMEDIA FOTO DILENGKAPI GAMBAR KONSEP FISIKA SEBAGAI PEMICU KEMAMPUAN SISWA SMA MEREPRESENTASIKAN (VERBAL DAN MATEMATIS) DILENGKAPI GAMBAR KONSEP FISIKA SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record