dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs Nurul Amin Jatiroto, pengambilan subyek penelitian adalah
kelas VIII-C sebanyak 30 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang
terjadi di kelas melalui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan
penelitian menggunakan siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reflektif. Persentase
ketuntasan hasil belajar digunakan untuk menunjukkan peningkatan ketuntasan
hasil belajar antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Persentase dan
reliabilitas Instrumen Observasi Aktivitas Siswa digunakan untuk mengetahui
aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar pra
siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I mengalami
peningkatan sebesar 7% yaitu dari 63% menjadi 80%. Persentase ketuntasan hasil
belajar siswa pada siklus II juga meningkat sebesar 6% yaitu dari 80% menjadi
86%. Pada siklus I telah tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan
oleh Mts Nurul Amin Jatiroto. Aktivitas belajar siswa juga mengalami
peningkatan antara sebelum siklus dan setelah siklus.
Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ini
merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerja
sama tim. Siswa dituntut untuk dapat bersosialisasi selama proses pembelajaran.
Dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini siswa dapat
belajar dengan mudah karena materi dan LKS disajikan dalam bentuk animasi
fisika. model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini mempunyai
langkah yaitu siswa dalam kelompok mengerjakan pertanyaan yang di berikan
oleh guru, pertanyaan dalam hal ini adalah LKS yang disajikan dalam bentuk
animasi. Kemudian guru memangil salah satu nomor tertentu dan siswa yang
nomornya terpanggil menjawab pertanyan di depan kelas.
Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT) dengan media pembelajaran komputer (Macromedia
Flash) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar
siswa pada pelajaran fisika di kelas VIII-C MTs Nurul Amin Jatiroto. | en_US |