Show simple item record

dc.contributor.authorSamiyati
dc.date.accessioned2013-12-20T03:10:40Z
dc.date.available2013-12-20T03:10:40Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210204090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11019
dc.description.abstractDari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III untuk pelajaran IPA, siswa yang memiliki nilai hasil belajar rendah didasari beberapa kriteria antara lain rata-rata nilai ulangan harian IPA di bawah KKM, kesulitan dalam mencerna pelajaran, siswa tidak berminat pada mata pelajaran IPA, dan memiliki pemahaman yang lambat terhadap pelajaran. Selain itu, rendahnya hasil belajar siswa juga disebabkan beberapa faktor, yaitu guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dalam pembelajaran berlangsung guru hanya berceramah dan memberi tugas, dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan suatu permasalahan: 1) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode demonstrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode demonstrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember. Oleh karena itu peneliti bersama guru kelas sepakat untuk menggunakan metode demonstrasi dengan media puzzle dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain metode demonstrasi berbeda dengan metode ceramah, akan tetapi metode tersebut bisa di padukan. Metode demonstrasi menjadi kurang efektif apabila tidak diikuti oleh aktivitas siswa sendiri yang ikut memperhatikan dan menjadikan aktivitas mereka sebagai pengalaman yang berharga. Sedangkan media memiliki peranan penting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yakni, untuk mempermudah dalam penyampaian materi serta pemahaman siswa. Salah satu media pembelajaran adalah media puzzle. Penggunaan media puzzle dapat menvisualisasikan tentang topik yang sedang dipelajari, khususnya pokok bahasan penggolongan makhluk hidup yang berupa gambar hewan dan tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk peningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode demontrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember, 2) Untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode demontrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember, yang terdiri dari 25 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen.Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 24 Nopember 2011 sampai dengan 09 Desember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I persentase minat siswa sebesar 65,5%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 56%. Pada siklus II persentase minat siswa sebesar 92,75%, sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 92%, sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar ≥ 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Setelah diterapkan metode demontrasi dengan media puzzle, maka minat belajar IPA siswa kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember mengalami peningkatan, 2) Setelah diterapkan metode demontrasi dengan media puzzle, maka hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember mengalami peningkatan. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) Metode demontrasi dengan media puzzle dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPA pada materi lain, karena dapat membuat siswa lebih tertarik dan berminat dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, 2) Penerapan metode demontrasi dengan media puzzle dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, karena siswa dapat terlibat dalam pembelajaran dengan perasaan senang dan suka terhadap pembelajaran IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204090;
dc.subjectMetode Demonstrasi dengan Media Puzzleen_US
dc.titlePENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 20011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record