Show simple item record

dc.contributor.authorGadis Citra Kusuma Pertiwi
dc.date.accessioned2013-12-20T03:07:02Z
dc.date.available2013-12-20T03:07:02Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210102001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11012
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII B SMPN 1 Jenggawah yang dimulai tanggal 20 September 2011 semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 31,14% dan pada siklus 1 mencapai 60,79% yang dapat dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 29,65%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pra-siklus dari 13,16% menjadi 76,31% dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Normalized Gain sebesar 0,64 dan peningkatan tersebut tergolong sedang. Aktivitas belajar siswa pada siklus 2 sebesar 70,26%, dengan peningkatan sebesar 39,12%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 13,16 % menjadi 92,10%. Peningkatan tersebut tergolong sedang yaitu sebesar 0,66. Dari hasil di atas menunjukkan metode demonstrasi dengan strategi the power of two disertai authentic assesment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102001;
dc.subjectHasil Belajar Fisika, Metode Demonstrasi, Strategi The Power Of Twoen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DISERTAI AUTHENTIC ASSESMENT PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 JENGGAWAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record