• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Program Pelatihan Ecoprint: Studi pada Program Pejuang Muda di Kota Blitar dengan Model Context Input Process Product (CIPP)

    Thumbnail
    View/Open
    Anisa Y.N.A Skripsi Final.pdf (3.567Mb)
    Date
    2022-06-16
    Author
    ASTUTIK, Anisa Yulia Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, angka kemiskinan di Kota Blitar pada tahun 2020 sebesar 465.868. Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dan pemerintah daerah Kota Blitar terus gencar dengan program bantuan sosial sebagai upaya mengurangi kemiskinan di Kota Blitar. Namun, penerima manfaat belum bisa mengoptimalkan dan mengembangkan bantuan untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya sebab masih terjadi peningkatan jumlah kemiskinan di Kota Blitar sampai saat ini. Sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kreatifitas penerima manfaat dengan program pelatihan ecoprint. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana evaluasi program pelatihan ecoprint pada program Pejuang Muda di Kota Blitar dengan model context input process product (CIPP). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi program pelatihan ecoprint pada program Pejuang Muda di Kota Blitar dengan model context input process product (CIPP). Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program pelatihan ecoprint pada program Pejuang Muda di Kota Blitar agar dapat diambil langkah selanjutnya terkait program pelatihan ecoprint tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan purposive area sehingga dipilih Kota Blitar. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data penelitian kualitatif dengan teks bersifat naratif, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian temuan evaluasi aspek konteks tujuan program yaitu untuk meningkatkan keterampilan keluarga penerima manfaat (KPM) sehingga dapat digunakan untuk berwirausaha dan menciptakan produk yang bernilai ekonomi. Tujuan ini sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh keluarga penerima manfaat (KPM). Berdasarkan hasil temuan evaluasi aspek masukan program ini dapat dikategori baik. Dilihat dari sumber daya manusia yang sudah sesuai dengan kebutuhan, strategi program yang sudah direncanakan, sarana dan prasarana yang memadai, serta dana untuk pelaksanaan program mencukupi untuk kegiatan operasional dan telah dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan program. Berdasarkan hasil temuan evaluasi aspek proses dapat dikatakan dalam kategori baik, karena selama proses pelaksanaan program pelatihan ecoprint berjalan lancar sesuai yang diharapkan pelaksana dan juga sesuai dengan kebutuhan. Selain itu hambatan yang terjadi dapat diatasi pada saat program pelatihan ecoprint berlangsung. Berdasarkan temuan evaluasi aspek produk semua peserta pelatihan dapat mempraktekkan dan menghasilkan totebag ecoprint yang bagus. Namun setelah program berakhir, peserta pelatihan belum dapat mengimplementasikan kembali pembuatan ecoprint. Kesimpulan dalam penelitian ini ketercapaian program pelatihan ecoprint ini belum tercapai. Karena hanya tujuan jangka pendek yang tercapai yaitu meningkatkan keterampilan keluarga penerima manfaat (KPM) sedangkan untuk tujuan jangka panjangnya tidak tercapai karena keluarga penerima manfaat (KPM) belum dapat berwirausaha dan menciptakan hasil karya yang bernilai ekonomi dari ecoprint karena tidak adanya implementasi dan pendampingan untuk keberlanjutan program. Saran untuk penyelenggara program selanjutnya, program pelatihan ecoprint kedepannya dapat dilaksanakan kembali disertai dengan pendampingan dan pengarahan dalam proses pemasaran agar keterampilan yang didapat oleh peserta tidak hanya berhenti sampai disitu saja.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110098
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository