• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Theory of Planned Behavior untuk Mengetahui Niat dan Perilaku Membeli pada Portal Lelang Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    PENERAPAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR UNTUK MENGETAHUI NIAT DAN PERILAKU MEMBELI PADA PORTAL LELANG INDONESIA (1.703Mb)
    Date
    2022-06-22
    Author
    RAHARJA, Prasetya Graha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen. Hasil survei Deloitte (2020) menunjukkan kecenderungan konsumen berbelanja melalui e-commerce platform store atau jaringan online lainnya dibanding toko fisik. Jual beli secara lelang telah mengalami perubahan dari cara konvensional menjadi digital. Digitalisasi proses bisnis lelang di Indonesia ditandai dengan dikembangkannya Portal Lelang Indonesia oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Digitalisasi ini terbukti mampu meningkatkan jumlah pelaksanaan lelang namun di beberapa wilayah tidak diimbangi dengan peningkatan produktivitas lelang. Produktivitas lelang di wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur masih dibawah target nasional. Theory of Planned Behavior (TPB) telah banyak digunakan untuk melakukan penelitian di berbagai bidang termasuk mempelajari perilaku membeli melalui aplikasi lelang online. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan kerangka TPB untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan kepercayaan terhadap niat dan perilaku membeli pada Portal Lelang Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling. Responden penelitian ini adalah 143 orang pemenang lelang yang pernah melakukan pembelian lelang di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Timur. Alat analisis yang digunakan adalah AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap niat membeli pada Portal Lelang Indonesia. Niat membeli, perceived behavioral control dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku membeli pada Portal Lelang Indonesia. Sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan kepercayaan secara tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku membeli pada Portal Lelang Indonesia melalui mediasi niat membeli. Niat membeli memediasi secara partial hubungan tidak langsung antara perceived behavioral control dan kepercayaan terhadap perilaku membeli.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110092
    Collections
    • MT-Management [545]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository