Show simple item record

dc.contributor.authorHermin Arista
dc.date.accessioned2013-12-20T03:01:54Z
dc.date.available2013-12-20T03:01:54Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210102095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11007
dc.description.abstractBerdasarkan data observasi awal yang dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2011 di kelas VII B SMP Negeri 2 Rambipuji, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Berdasarkan hasil observasi awal, dari 36 siswa menunjukkan hanya 18 siswa yang mendengarkan penjelasan guru, 15 siswa yang mengerjakan LKS, tidak ada sama sekali siswa yang menjawab pertanyaan dari guru, dan 13 siswa yang mencatat. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Rambipuji juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII B dari 36 siswa hanya 15 yang mendapatkan nilai ≥ 65 sedangkan 21 siswa lainnya mendapatkan nilai < 65. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Hands On Activity dengan Portofolio Assessment. Pembelajaran dengan model Hands On Activity yaitu suatu model yang dirancang untuk melibatkan siswa, dalam menggali informasi dan bertanya, beraktivitas dan menemukan, mengumpulkan dan menganalisis serta membuat kesimpulan sendiri. Pada model hands on activity, siswa dibagi menjadi 6 kelompok, setiap kelompok mendapatkan lembar kerja siswa untuk kegiatan praktikum tentang topik tertentu, selanjutnya siswa melakukan praktikum, siswa melakukan diskusi dengan mempresentasikan hasil pengamatan dan membandingkannya dengan kelompok lain dan dilanjutkan dengan meresume. Pada akhir pembelajaran guru melakukan portofolio assessment terhadap semua bukti-bukti belajar siswa. Kombinasi model Hands On Activity dengan portofolio assessment dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran fisika, karena dengan portofolio assessment guru dapat merekam semua aktivitas belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belaja fisika siswa menggunakan model pembelajaran Hands On Activity dengan Portofolio Assessment. vii Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII B SMP Negeri 2 Rambipuji tahun ajaran 2011-2012 yang dimulai tanggal 15 Nopember 2011 sampai dengan 30 Nopember 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang keaktifan belajar siswa diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil penilaian kognitif proses, kognitif produk, psikomotor dan penilaian afektif. Aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi memperhatikan penjelasan guru, melakukan praktikum, melakukan diskusi dan kerjasama dengan kelompok dalam praktikum dan pengerjaan LKS, menjawab dan meresume mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 72,2%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 26 siswa dan 10 siswa yang tidak tuntas secara individu. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 83,3%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 30 siswa dan 6 siswa yang tidak tuntas secara individu. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran Hands On Activity dengan Portofolio Assessment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102095;
dc.subjectFISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DENGAN PORTOFOLIO ASSESSMENTen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DENGAN PORTOFOLIO ASSESSMENT PADA SISWA KELAS VII-B DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record