Show simple item record

dc.contributor.authorRAMADHAN, Widiet Nurcahyo
dc.date.accessioned2022-10-11T05:48:13Z
dc.date.available2022-10-11T05:48:13Z
dc.date.issued2022-07-19
dc.date.submitted
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110057
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractPendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). Dalam upaya menghadapi tantang tersebut, guru harus berupaya melakukan peningkatan kualitas pembelajaran untuk mengubah pola pikir atau paradigma pembelajaran IPA yaitu dari pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) menuju berpusat pada siswa (Student Centered Learning) (Nichols, 2017). Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata validasi menunjukkan skor 94,46 dengan kategori sangat valid, rerata hasil observasi untuk uji kepraktisan model pembelajaran yaitu sebesar 86,5 dengan kategori sangat valid, rerata hasil nilai kesadaran metakognisi sebesar 83,4 dengan kategori cukup berkembang, rerata hasil keterampilan proses IPA sebesar sebesar 77 pada kategori baik dan rerata NGain hasil belajar peserta didik sebesar 0,39 dengan kategori sedang, sehingga hasil pengembangan model pembelajaran POSPACE pada kategori valid, efektif dan praktisen_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M. Si (Dosen Pembimbing) Dr. Yushardi, S.Si., M.Si.(Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKesadaran Metakognisi, Keterampilan Proses IPA, Hasil Belajaren_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record