• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguatan Nilai-nilai Karakter Jujur dan Disiplin melalui Kesenian Ludruk Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Banjaragung 2 Kabupaten Jombang

    Thumbnail
    View/Open
    PINKY RIHENA DEVI MIRANDA - 170210204075.pdf (1.777Mb)
    Date
    2021-07-29
    Author
    MIRANDA, Pinky Rihena Devi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nilai karakter merupakan hal yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap orang. Hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang pada tanggal 16 Oktober 2020 menunjukkan bahwa nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa menurun selama dilaksanakan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil wawancara tersebut maka perlu ditingkatkannya nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa kelas IV. Penguatan nilai karakter jujur dan disiplin pada kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang menggunakan pendekatan interdisipliner dan mengimplementasikan tari remo dalam kesenian ludruk sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin. Melalui tari remo siswa dapat mempelajari dan mengingat setiap gerakan yang mengandung nilai-nilai karakter yang dapat meningkatkan karakter jujur dan disiplin terhadap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam tari remo pada kesenian ludruk? Bagaimanakah tari remo dalam kesenian ludruk dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang? Jenis dan rancangan dari penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu deskripsi nilai-nilai karakter jujur dan disiplin pada tari remo untuk meningkatkan nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa. Sumber data penelitian ini diperoleh dari gerakan tari remo yang mengandung nilai-nilai karakter jujur dan disiplin. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 nilai karakter dalam gerakan tari remo antara lain; nilai karakter jujur yang diperoleh dari gerak tindak yang berarti kejujuran para pahlawan yang berjuang dengan gigih tanpa melakukan kecurangan dan tidak melanggar aturan yang ada; nilai karakter disiplin yang diperoleh dari gerakan lawung yang berarti kedisiplinan para prajurit ketika hendak melawan penjajah; nilai karakter religius, nilai religius ini diperoleh dari gerakan gedrug dan ayam alas. Gerakan gedrug baik gedrug lombo maupun gedrug rangkep yang berarti manusia lahir di bumi karena kekuasaan Tuhan, serta gerakan ayam alas yang berarti ada saatnya manusia akan meninggalkan dunia dan kembali kepada Tuhan sang pencipta; nilai karakter tanggungjawab yang diperoleh dari gerakan gandewa yang berarti sikap tanggungjawab pahlawan dalam melindungi rakyat Indonesia dari para penjajah; nilai karakter peduli sosial yang diperoleh dari gerakan ikét yang berarti manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Gerak yang sering muncul dalam tari remo yaitu gerak ikét sehingga nilai karakter peduli sosial lebih ditonjolkan dalam tarian ini. Tari remo dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang, selain itu tari remo juga dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai peduli sosial. Saran yang dapat diberikan adalah bagi guru, dapat memberikan pembiasaan yang lebih intens untuk menguatkan nilai karakter jujur dan disiplin kepada siswa dengan menggunakan alternatif tari remo, bagi peneliti, implementasi tari remo sebagai alternatif penguatan nilai karakter jujur dan disiplin dapat menggunakan aplikasi yang lebih sederhana seperti whatsapp atau youtube agar memudahkan siswa dalam mengakses materi pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tari remo sebagai alternatif penguatan nilai peduli sosial pada siswa kelas IV.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109893
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository