Penguatan Nilai-nilai Karakter Jujur dan Disiplin melalui Kesenian Ludruk Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Banjaragung 2 Kabupaten Jombang
Abstract
Nilai karakter merupakan hal yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh
setiap orang. Hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang
pada tanggal 16 Oktober 2020 menunjukkan bahwa nilai karakter jujur dan disiplin
pada siswa menurun selama dilaksanakan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil
wawancara tersebut maka perlu ditingkatkannya nilai karakter jujur dan disiplin
pada siswa kelas IV. Penguatan nilai karakter jujur dan disiplin pada kelas IV SDN
Banjaragung 2 Jombang menggunakan pendekatan interdisipliner dan
mengimplementasikan tari remo dalam kesenian ludruk sebagai alternatif
penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin. Melalui tari remo siswa dapat
mempelajari dan mengingat setiap gerakan yang mengandung nilai-nilai karakter
yang dapat meningkatkan karakter jujur dan disiplin terhadap siswa. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam
tari remo pada kesenian ludruk? Bagaimanakah tari remo dalam kesenian ludruk
dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin
pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Banjaragung 2
Jombang?
Jenis dan rancangan dari penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan
analisis deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu deskripsi nilai-nilai karakter jujur
dan disiplin pada tari remo untuk meningkatkan nilai karakter jujur dan disiplin
pada siswa. Sumber data penelitian ini diperoleh dari gerakan tari remo yang
mengandung nilai-nilai karakter jujur dan disiplin. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 nilai karakter dalam
gerakan tari remo antara lain; nilai karakter jujur yang diperoleh dari gerak tindak
yang berarti kejujuran para pahlawan yang berjuang dengan gigih tanpa melakukan
kecurangan dan tidak melanggar aturan yang ada; nilai karakter disiplin yang
diperoleh dari gerakan lawung yang berarti kedisiplinan para prajurit ketika hendak
melawan penjajah; nilai karakter religius, nilai religius ini diperoleh dari gerakan
gedrug dan ayam alas. Gerakan gedrug baik gedrug lombo maupun gedrug
rangkep yang berarti manusia lahir di bumi karena kekuasaan Tuhan, serta gerakan
ayam alas yang berarti ada saatnya manusia akan meninggalkan dunia dan kembali
kepada Tuhan sang pencipta; nilai karakter tanggungjawab yang diperoleh dari
gerakan gandewa yang berarti sikap tanggungjawab pahlawan dalam melindungi
rakyat Indonesia dari para penjajah; nilai karakter peduli sosial yang diperoleh dari
gerakan ikét yang berarti manusia merupakan makhluk sosial yang saling
membutuhkan satu sama lain. Gerak yang sering muncul dalam tari remo yaitu
gerak ikét sehingga nilai karakter peduli sosial lebih ditonjolkan dalam tarian ini.
Tari remo dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur
dan disiplin pada siswa kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang, selain itu tari remo
juga dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai peduli sosial.
Saran yang dapat diberikan adalah bagi guru, dapat memberikan
pembiasaan yang lebih intens untuk menguatkan nilai karakter jujur dan disiplin
kepada siswa dengan menggunakan alternatif tari remo, bagi peneliti, implementasi
tari remo sebagai alternatif penguatan nilai karakter jujur dan disiplin dapat
menggunakan aplikasi yang lebih sederhana seperti whatsapp atau youtube agar
memudahkan siswa dalam mengakses materi pembelajaran, bagi peneliti
selanjutnya, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tari remo sebagai
alternatif penguatan nilai peduli sosial pada siswa kelas IV.