Penerapan Metode Bercerita Melalui Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A TK ABA 01 Balung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA 01 Balung
melalui metode bercerita menggunakan media gambar berseri. Metode yang diimplementasikan pada penelitian
ini adalah metode bercerita melalui media gambar berseri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan. Variabel dalam penelitian
ini adalah metode bercerita melalui media gambar berseri dan kemampuan berbicara anak usia dini. data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian
tindakan kelas dilaksanakan dalam dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan masing-masing tahapan antara
lain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan
bahwa dari prasiklus rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 56,24%, pada pelaksanaan Siklus I terjadi
peningkatan sebesar 63,40% sedangkan pada Siklus II rata-rata kemampuajn berbicara anak meningkat secara
signifikan sebesar 89,33%.