Analisis Efisiensi Pemasaran Semangka di Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember
Abstract
Desa Mojosari merupakan salah satu desa di Kecamatan Puger yang memiliki potensi dalam pengembangan usahatani semangka karena kesesuaian lahan dan budidaya dapat dilakukan sepanjang tahun. Hasil produksi semangka yang tinggi di Desa Mojosari kadang kala tidak diimbangi dengan pemasaran yang efisien. Petani memasarkan semangka dengan bantuan tengkulak/pedagang besar. Petani masih menjadi penerima harga dan pedagang yang menjadi pengendali harga sehingga posisi tawar menawar petani lemah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran, (2) mengetahui dan menganalisis share biaya, share keuntungan dan efisiensi pemasaraan. Metode penentuan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling, purposive dan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis share biaya dan share keuntungan, serta analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) petani semangka di Desa Mojosari memiliki 3 saluran pemasaran yaitu : (I) petani – tengkulak - pedagang pengencer – konsumen, (II) petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen, (III) petani – tengkulak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen dengan fungsi pemasaran yang digunakan meliputi fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi penyediaan sarana; (2) saluran pemasaran I, II dan III pada pemasaran semangka di Desa Mojosari menguntungkan dan efisien.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4363]