Show simple item record

dc.contributor.authorReni Astri Aprilianti
dc.date.accessioned2013-12-20T02:37:35Z
dc.date.available2013-12-20T02:37:35Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210204229
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10957
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas menulis, membaca, berbicara dan menyimak. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh kelas V adalah dapat berbicara dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi siswa yang menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Karang Kedawung 01 masih mengalami kesulitan dan masih dalam tingkat pemahaman yang kurang. Faktor kesulitan lain pada siswa dalam hal berbicara yaitu mereka merasa canggung untuk berbicara bahasa Indonesia melihat letak keadaan rumah yang berada di pedesaan. Selain itu, kurangnya penguasaan kosakata, keberanian siswa rendah dan rasa malu tinggi juga merupakan faktor kesulitan siswa dalam berbicara. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan strategi bermain drama untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan observasi, permasalahan dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran dengan menggunakan strategi bermain drama dilakukan dengan pembentukan kelompok. Guru menggunakan naskah drama sebagai media pembelajaran. Siswa memerankan peran sesuai dengan tokoh yang diperankan, namun kurang maksimal karena sebagian siswa masih ada yang canggung, malu dan keberaniannya kurang. Untuk itu guru memberikan materi yang lebih banyak agar siswa lebih aktif dan lancar dalam berbicara. Guru juga memberi motivasi pada siswa untuk lebih aktif, kreatif dan semangat dalam bermain drama agar peran yang dimainkan nantinya akan lebih menarik dan baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitaif. Data-data yang di dapat dari observasi dan wawancara dianalisi secara kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi bermain drama, kemampuan berbicara siswa kelas V setelah mengikuti pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data awal kemampuan berbicara siswa diketahui dari pemerolehan nilai prasiklus dengan rata-rata nilai siswa 50,6 dengan hanya sekitar 2 siswa sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan memotivasi siswa untuk berkarya,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204229;
dc.subjectStrategi Bermain Dramaen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN KARANG KEDAWUNG 01 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN DRAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record