Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Marketplace Shopee (studi kasus pada masyarakat pengguna Marketplace Shopee di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh fitur online customer review pada marketplace Shopee terhadap keputusan pembelian produk fashion pada masyarakat di Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif inferensial. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial serta uji hipotesis yang digunakan yaitu uji R dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online customer review dapat mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 68%, sedangkan sisanya 32% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti diskon, citra merek, kualitas produk dan faktor pribadi dari diri konsumen itu sendiri. Ketika calon konsumen ingin membeli produk fashion, konsumen tersebut biasanya mencari informasi terlebih dahulu kemudian dapat melakukan keputusan pembelian. Pencarian informasi ini dapat menggunakan fitur online customer review yang disediakan oleh marketplace Shopee. Calon konsumen dapat melakukan evaluasi produk yang akan di beli melalui fitur online customer review. Jika review yang diberikan kredibel, pendapatnya berkualitas, jumlah ulasannya banyak dan positif maka konsumen tersebut akan dengan mudah untuk membeli produk yang ditawarkan begitupun sebaliknya.