Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Poweringsite untuk Siswa Dan Guru Kelas X SMA/SMK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Kehidupan manusia saat ini dipengaruhi oleh berbagai teknologi canggih
yang terus berkembang. Salah satu bidang yang dipengaruhi oleh teknologi yaitu
bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi secara tepat dapat memberikan
pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan efektif bagi
guru maupun siswa. Pengaruh ini dapat dilihat dari adanya media pembelajaran
yang dapat digunakan tanpa perlu melakukan tatap muka secara langsung di kelas.
Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMA/SMK menyajikan
berbagai jenis teks. Salah satu jenis teks yang diajarkan kelas X dalam Kurikulum
2013 Revisi 2016 adalah teks anekdot.
Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian pengembangan (Research
amd Development) yang menggunakan desain pengembangan Four-D
(define/pendefinisian, design/perancangan, development/pengembangan, dan
deseminate/penyebaran). Data penelitian mencakup data verbal dan data numeral.
Data verbal digunakan untuk memperbaiki (revisi) media pembelajaran. Sedangkan
data numeral akan dihitung dan digunakan untuk menentukan validitas media
pembelajaran, respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yang
dikembangkan, serta hasil belajar siswa.
Hasil penelitian terbagi dalam beberapa bahasan antara lain: (1) validasi para
ahli, (2) angket respon siswa dan guru, serta (3) hasil berlajar siswa. Validitas
substansi media pembelajaran kepada ahli pembelajaran dan ahli praktisi
medapatkan presentase 88%. Validitas penyajian media pembelajaran kepada ahli
pembelajaran dan ahli praktisi mendapatkan persentase 96%. Validitas kebahasaan
media pembelajaran kepada ahli kebahasaan dan ahli praktisi mendapatkan
persentase 95%. Validitas kegrafikaan media pembelajaran kepada ahli kegrafikaan
dan ahli praktisi mendapatkan persentase 94%. Validitas kelayakan tampilan media
pembelajaran kepada ahli media pembelajaran mendapatakan persentase 88%. Dari
kelima validasi tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan sudah layak atau valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran di
kelas. Respon siswa secara keseluruhan mendapatkan persentase 89%. Hasil belajar
siswa mendapatkan persentase 95%..
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan produk “Media
Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Poweringsite untuk Kelas X SMA/SMK”
dapat disarankan kepada Stakeholder pendidikan (sekolah, dinas pendidikan, dan
masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan) agar dapat memanfaatkan media
pembelajaran ini sebagai alternatif tambahan sumber belajar bagi siswa. Disarankan
pula bagi para peneliti yang sebidang ilmu untuk menggunakan penelitian ini
sebagai kegiatan lanjutan serta bagi developer aplikasi dapat memperbanyak dan
mengembangkan lebih lanjut penelitian ini.