• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Poweringsite untuk Siswa Dan Guru Kelas X SMA/SMK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    RIFKY KHAIRIL AFFAN KUSUMA PUTRA - 160210402050.pdf (4.039Mb)
    Date
    2021
    Author
    AFFAN K.P, Rikfy Khairil
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kehidupan manusia saat ini dipengaruhi oleh berbagai teknologi canggih yang terus berkembang. Salah satu bidang yang dipengaruhi oleh teknologi yaitu bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi secara tepat dapat memberikan pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan efektif bagi guru maupun siswa. Pengaruh ini dapat dilihat dari adanya media pembelajaran yang dapat digunakan tanpa perlu melakukan tatap muka secara langsung di kelas. Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMA/SMK menyajikan berbagai jenis teks. Salah satu jenis teks yang diajarkan kelas X dalam Kurikulum 2013 Revisi 2016 adalah teks anekdot. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian pengembangan (Research amd Development) yang menggunakan desain pengembangan Four-D (define/pendefinisian, design/perancangan, development/pengembangan, dan deseminate/penyebaran). Data penelitian mencakup data verbal dan data numeral. Data verbal digunakan untuk memperbaiki (revisi) media pembelajaran. Sedangkan data numeral akan dihitung dan digunakan untuk menentukan validitas media pembelajaran, respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan, serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian terbagi dalam beberapa bahasan antara lain: (1) validasi para ahli, (2) angket respon siswa dan guru, serta (3) hasil berlajar siswa. Validitas substansi media pembelajaran kepada ahli pembelajaran dan ahli praktisi medapatkan presentase 88%. Validitas penyajian media pembelajaran kepada ahli pembelajaran dan ahli praktisi mendapatkan persentase 96%. Validitas kebahasaan media pembelajaran kepada ahli kebahasaan dan ahli praktisi mendapatkan persentase 95%. Validitas kegrafikaan media pembelajaran kepada ahli kegrafikaan dan ahli praktisi mendapatkan persentase 94%. Validitas kelayakan tampilan media pembelajaran kepada ahli media pembelajaran mendapatakan persentase 88%. Dari kelima validasi tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak atau valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Respon siswa secara keseluruhan mendapatkan persentase 89%. Hasil belajar siswa mendapatkan persentase 95%.. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan produk “Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Poweringsite untuk Kelas X SMA/SMK” dapat disarankan kepada Stakeholder pendidikan (sekolah, dinas pendidikan, dan masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan) agar dapat memanfaatkan media pembelajaran ini sebagai alternatif tambahan sumber belajar bagi siswa. Disarankan pula bagi para peneliti yang sebidang ilmu untuk menggunakan penelitian ini sebagai kegiatan lanjutan serta bagi developer aplikasi dapat memperbanyak dan mengembangkan lebih lanjut penelitian ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109518
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository