dc.description.abstract | Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan tahun
ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 4 Juni 2011.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini antara
lain: dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah
skor aktivitas siswa beserta guru, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses
pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II.
Aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan
strategi everyone is a teacher here mengalami peningkatan dari pra-siklus ke
siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus
sebesar 39.7% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif, dan aktivitas belajar
siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar
rata-rata siswa sebesar 70.76 % dan termasuk pada kriteria aktif, serta aktivitas
belajar siswa secara klasikal pada siklus II mengalami peningkatan yakni aktivitas
belajar rata-rata siswa sebesar 80.19 % dan termasuk pada kriteria sangat aktif
Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer
teaching dengan strategi everyone is a teacher here diikuti peningkatan
ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan
hasil belajar pada pra-siklus sebelum adanya tindakan adalah sebesar 29.42 %,
dan ketuntasan hasil belajar dengan pembelajaran peer teaching dengan strategi
everyone is a teacher here pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 76.47%,
serta ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yakni
mencapai 88.23%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara
keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas
menunjukkan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a
teacher here dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat
siswa lebih aktif dan lebih memehami konsep dalam pembelajaran. | en_US |