Show simple item record

dc.contributor.authorSUFIRMAN
dc.date.accessioned2022-09-15T08:28:12Z
dc.date.available2022-09-15T08:28:12Z
dc.date.issued2022-06-07
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109485
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 15 September 2022en_US
dc.description.abstractProgram Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia,karena pendidikan menjadi salah satu faktor utama dalam kemajuan dan perkembangan Negara, dalam menjalani pendidikan tersebut diperlukan proses pembelajaran yang memenuhi akan kebutuhan siswa. Pada kondisi pandemi, Kemampuan siswa dalam memahami matematika khususnya kemampuan literasi masih minim dan perlu ditingkatkan dikarenakan selama masa tersebut pembelajaran berlangsung secara daring yang menyebabkan siswa mengalami penurunan dari tingkat pemahaman materi. Siswa hanya memperoleh sedikit ulasan materi dari guru dikarenakan pembatasan jam mengajar dan selebihnya menuntut siswa untuk belajar secara mandiri. Hal ini tentu memerlukan kemampuan metaliterasi siswa yang dalam artian kemampuan metaliterasi merupakan kerangka berpikir secara menyeluruh serta merupakan sumber referensi mandiri yang bersifat luas dibandingkan dengan jenis literasi lainnya. Selain dari itu, seorang guru juga harus memiliki teknik mengajar baik pendekatan maupun model yang sesuai demi memenuhi kebutuhan siswa. STEM memiliki arti Science, Technology, Engineering dan Mathematics merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari hari (Mulyani, 2019). Tujuan dari pendekatan STEM pada pembelajaran siswa di sekolah adalah untuk meningkatkan daya saing siswa secara global dalam cakupan ilmu pengetahuan serta kemampuannya dalam melakukan inovasi teknologi (Khairiyah, 2019). Research Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa,karena didalam model ini siswa dibawa untuk melakukan riset atau penelitian sederhana guna menemukan konsep dan pemahamannya sendiri. Ilmu matematika memiliki banyak bahasan didalamnya dimana hampir di setiap materinya memiliki kaitan dengan permasalahan di kehidupan sehari hari salah satunya relasi dan fungsi. Adapun hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama penerapan model pembelajaran Research based Learning berbasis STEM dengan topik teselasi wallpaper didapatkan sintaks baru yaitu (1) Merumuskan permasalahan mendasar mengenai penyusunan warna wallpaper, (2)Melakukan pengumpulan data melalui berbagai sumber seperti media elektronik untuk memperoleh data dan rancangan awal pengerjaan, (3)Melakukan terobosan dengan menerapkan konsep pewarnaan r-dinamis pada graf, (4)Mengembangkan pewarnaan wallpaper menggunakan konsep pewarnaan r-dinamis pada graf, (5)Melakukan uji coba hasil mengenai pewarnaan yang telah didapat, (6)Merumuskan pewarnaan yang diperoleh kedalam bentuk fungsi matematika, (7)Mempresentasikan hasil penelitian yang didapat untuk menganalisis kemampuan metaliterasi siswa. Kedua, proses pengembangan perangkat disusun berdasarkan model Thiagarajan yang teriri dari Tahap pendefinisian dilakukan guna menetapkan rancangan awal, melakukan pendefinisian mengenai syarat syarat pembelajaran dengan menganalisis tujuan dan batasan dari materi yang dikembangkan. Tahap perencanaan merupakan tahapan dimana mulai dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran yang berbasis Research Based Learning dengan pendekatan STEM dengan materi relasi fungsi guna meningkatkan kemampuan metaliterasi siswa. Pada tahapan pengembangan, perangkat pembelajaran yang disusun perlu melewati validasi dari beberapa orang ahli diantaranya dua dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember dan satu guru mata pelajaran matematika di sekolah tempat penelitian. Tahap penyebaran adalah tahapan yang bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan perangkat. Perangkat yang sebelumnya telah melewati uji coba dan revisi kemudian digunakan dalam proses pembelajaran. Ketiga pengaruh penerapan perangkat pembelajaran berbasis Research Based Learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan metaliterasi siswa. Sebelum diberikan perlakuan, kemampuan metaliterasi siswa diperoleh data sekitar 4% siswa memiliki kemampuan meteliterasi rendah, 87% siswa memiliki kemampuan metaliterasi cukup, 9% siswa memiliki kemampuan metaliterasi sedang, 0% siswa memiliki kemampuan metaliterasi tinggi dan 0% siswa memiliki kemampuan metaliterasi sangat tinggi. Sedangkan setelah diberikan perlakuan,siswa mengalami peningkatan diantaranya sebanyak 0% siswa memiliki kemampuan metaliterasi rendah, 13% siswa memiliki kemampuan metaliterasi cukup, 30% siswa memiliki kemampuan metaliterasi sedang, 44% siswa memiliki kemampuan metaliterasi tinggi dan 13% siswa memiliki kemampuan metaliterasi sangat tinggi. Kemudian yang terakhir adalah potret fase metaliterasi siswa yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan analisis kemampuan siswa selama proses pembelajaran. Pada fase ini, siswa dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu siswa dengan kemampuan metaliterasi tinggi, sedang dan rendah.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D. Dosen Pembimbing 2 Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectRESEARCH BASED LEARNINGen_US
dc.subjectPENDEKATAN STEMen_US
dc.subjectMETALITERASIen_US
dc.subjectPERANGKAT PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Research Based Learning dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Metaliterasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Relasi Fungsien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record