Show simple item record

dc.contributor.authorRIZKIKA, Maulidiya
dc.contributor.authorPUTRA, Pramudya Dwi Aristya
dc.contributor.authorAHMAD, Nur
dc.date.accessioned2022-09-15T06:54:10Z
dc.date.available2022-09-15T06:54:10Z
dc.date.issued2022-04-01
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109480
dc.description.abstractMasalah yang melatarbelakangi penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah dalam pelajaran IPA. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan bahan ajar interaktif yang bisa digunakan dengan mudah. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektivan ELKPD berbasis STEM. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model Plomp. Subjeknya yakni kelas VIIIF SMPN 7 Jember tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-LKPD termasuk dalam kriteria sangat valid dengan skor 96,08%. Hasil kepraktisan E-LKPD memperoleh skor sebesar 96,39% dengan kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan ELKPD memperoleh skor N-Gain sebesar 0,43 yang termasuk dalam kriteria sedang. Serta respon siswa yang memperoleh skor 87,00% dengan kriteria sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPancasakti Science Education Journalen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectkemampuan berpikir kritisen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record