• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Kalimat Efektif pada Undangan Resmi Peserta didik Kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Eni Repository.pdf (1.675Mb)
    Date
    2022-07-28
    Author
    KRISTANTI, Eni Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara alamiah keterampilan menulis salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai peserta didik adalah menulis surat undangan. Hasil tugas peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember, ditemukan kesalahan dalam membuat surat undangan resmi dalam penggunaan ejaan dan kalimat efektif. Kesalahan tersebut berupa penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penggunaan kalimat efektif berdasarkan prinsip-prinsipnya. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan penggunaan ejaan, bagaimanakah kesalahan penggunaan kalimat efektif berdasarkan prinsipnya, dan apa sajakah faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada surat undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan ejaan, untuk mengetahui kesalahan penggunaan kalimat efektif berdasarkan prinsipnya, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada surat undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangbayat 01, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu kesalahan-kesalahan penggunaan ejaan yang berupa penggunaan huruf kapital dan tanda baca serta penggunaan kalimat efektif yang berdasarkan prinsip-prinsipnya. Sumber data pada penelitian ini adalah menulis surat undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan tergolong kategori sedang dengan memperoleh persentase sebesar 68%, diantaranya yaitu penggunaan huruf kapital, tanda baca titik, dan koma. Kesalahan terbanyak pada ejaan adalah penggunaan huruf kapital. Kesalahan penggunaan kalimat efektif tergolong kategori rendah dengan persentase sebesar 22%, diantaranya yaitu kesalahan pada prinsip cermat, kesalahan pada prinsip hemat, dan kesalahan pada prinsip kelogisan makna. Kesalahan terbanyak pada kalimat efektif adalah kesalahan pada prinsip hemat. Kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif disebabkan oleh 3 faktor yaitu faktor minat belajar peserta didik berupa peserta didik kurang memperhatikan saat dijelaskan oleh guru, peserta didik tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak adanya daya saing dengan temannya, dan peserta didik tidak aktif bertanya. Faktor kompetensi yaitu peserta didik masih belum memahami, menguasai dan mengalami kesulitan pada sistem bahasa yang digunakan. Faktor kesalahan yang terakhir yaitu faktor performasi, kesalahan yang terlihat disebabkan karena terdapat peserta didik kelelahan saat menulis dan suasana kelas yang gaduh. Peserta didik pada akhirnya terburu-buru dalam menyelesaikan tugas tanpa memperhatikan PUEBI, Setelah dilakukannya penelitian ini guru diharapkan lebih memperhatikan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada penulisan surat undangan resmi sehingga tidak ada lagi kesalahan yang sama. Bagi peserta didik, dapat lebih teliti, cermat dan memahami dalam penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada kegiatan menulis surat undangan resmi. Bagi peneliti lain, melanjutkan penelitian ini untuk mengurangi atau menghilangkan kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif yang dapat diketahui berdasarkan faktor-faktor yang ada. Bagi peneliti, lebih belajar, memahami, serta memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109423
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository