Show simple item record

dc.contributor.authorRADHINAWATI, Imanaku
dc.date.accessioned2022-09-13T04:06:10Z
dc.date.available2022-09-13T04:06:10Z
dc.date.issued2022-07-12
dc.identifier.nim180210204024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109411
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 13 September 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPermendikbud Nomor 79 Tahun 2014, muatan lokal merupakan bahan kajian pada satuan pendidikan yang memuat kegiatan pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal untuk membentuk pemahaman keunggulan di tempat tinggal siswa. Proses pembelajaran untuk wilayah Bondowoso menerapkan muatan lokal tentang potensi di wilayah Bondowoso. Bondowoso sudah melakukan penyesuaian kurikulum pelajaran muatan lokal materi Ijen Geopark. Salah satu cara bagi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran adalah memilih media pembelajaran yang sesuai dan menarik. Adanya muatan lokal materi Ijen Geopark maka media yang cocok digunakan yaitu media video pembelajaran yang berisikan materi Ijen Geopark. Media video pembelajaran mempunyai kemampuan dalam menampilkan unsur bunyi dan gambar secara bersama berupa gambar bergerak. Media video pembelajaran dapat membangun pengetahuan siswa, melengkapi materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan memberikan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “adakah pengaruh media video pembelajaran tema 8 daerah tempat tinggalku terhadap hasil belajar kelas IV di SDN Wonosari 1 Bondowoso?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media video pembelajaran tema 8 daerah tempat tinggalku terhadap hasil belajar kelas IV di SDN Wonosari 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen desain Quasi Eksperimen, dengan pola Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Wonosari 1 Bondowoso dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IVA sebanyak 25 siswa dan IVB sebanyak 22 siswa. Sebelum melakukan penelitian, sampel diuji homogenitias terlebih dahulu. Hasil dari uji homogenitas menunjukkan hasil 0,554>0,05. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kedua kelompok adalah homogen selanjutnya penetapan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan menggunakan undian, terpilih kelas eksperimen dari kelas IVA, dan kelas kontrol IVB. Berdasarkan hasil analisis data nilai siswa, perbedaan nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen (IVA), menunjukkan selisih rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan/pretest (58,2) dengan rata-rata nilai siswa sesudah diberi perlakuan/posttest (84,76) adalah 26,56. Hasil analisis selisih rata-rata nilai siswa kelas kontrol (IVB) menunjukkan nilai pretest (62,2) dan posttest (76,8) adalah 15,68. Hasil perhitungan uji-t pada spss versi 25 didapatkan hasil thitung 4,076, sedangkan ttabel 1,679 pada taraf signifikansi 5% dengan df = 45. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 4,076>1,679, maka H0 ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh media video pembelajaran tema 8 daerah tempat tinggalku terhadap hasil belajar kelas IV SD. Kemudian perhitungan keefektifan relatif menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media video pembelajaran lebih efektif sebesar 52,11%. Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dikelas eksperimen dengan menggunakan media video pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar siswa dikelas kontrol menggunakan PPT. Media video pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan pada kelas rendah maupun kelas tinggi dan dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Fitria Kurniasih S.TP., MAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA VIDEO PEMBELAJARANen_US
dc.subjectTEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKUen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Media Video Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku terhadap Hasil Belajar Kelas IV di SDN Wonosari 1 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Fitria Kurniasih S.TP., MAen_US
dc.identifier.validatorkacung-12 September 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record