• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Stimulasi Bermain Mewarnai terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah

    Thumbnail
    View/Open
    repos skripsi ghosa.pdf (2.827Mb)
    Date
    2022-05-30
    Author
    PUTRI, Ghosa Oktaviani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan anak yang optimal sejak dini faktor penentu dalam tahap perkembangan selanjutnya. Usia prasekolah memegang peranan penting dalam pengembangan potensi yang beragam. Anak prasekolah pada dasarnya anak anak yang tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat serta memiliki berbagai macam kemampuan. Potensi tersebut akan dikembangkan sehingga anak dapat berkembang secara optimal. Hal ini disebabkan kondisi yang sesuai untuk perkembangan anak. Berapa tahun terakhir, adanya kurangnya perkembangan anak seperti keterlambatan motorik, bahasa, perilaku, autism dan hiperaktif semakin meningkat. Di Indonesia 13%-18% angka kejadian keterlambatan perkembangan. Data gangguan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah tahun 2018 di Indonesia 7,51%. Di Provinsi Jawa Timur angka prevalensi gangguan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah sebesar 24,5%. Dalam kasus data epidemiologi ini, sangat penting untuk mendeteksi anak anak dengan retardasi perkembangan sejak dini dan mencegah keterlambatan dalam penanganan perkembangan anak. Berdasarkan permasalahan tersebut membutuhkan inovasi untuk pembelajaran dalam mengembangkan kemampuana motorik halus anak yaitu kegiatan mewarnai dengan menggunakan teknik usap abur. Tujuan dari penelitian mengetahui Pengaruh stimulasi bermain mewarnai terhadap perkembangan motorik halus anak pada usia prasekolah. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experiment menggunakan desain Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik totally sampling. Menggunakan sampel sebanyak 32 responden dengan pengambilan data eksperimen dan menggunakan lembar eksperimen Laili (2018). Pengukuran pretest perkembangan motorik halus dilakukan di TK Pertiwi 35 Temenggungan Banyuwangi saat pertemuan pertama. kemudian responden diberikan stimulasi bermain mewarnai selama 1 bulan dan setelah intervensi diberikan post test.Hasil penelitian juga menujukkan bahwa mayoritas responden berusia 5 sebanyak 16 orang responden (50%) dan 6 tahun berjumlah 16 orang responden (50%), mayoritas berjenis kelamin perempuan berjumlah 18 orang (56,3%). Pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan dari 5 responden (31,3%) Belum Berkembang (BB) saat pre-test menjadi 11 responden (68,8%) mempunyai perkembagan motorik halus berkembang sangat baik (BSB) saat post test. Sedangkan, pada kelompok kontrol saat pre-test 5 responden (31,3%) memiliki perkembangan motorik halus belum berkembang (BB) menjadi 4 responden (12,5%) saat post test perkembangan motorik halus belum berkembang (BB). Hasil analisis data uji Wilcoxon nilai p value 0,001< 0,05, sehingga memiliki perbedaan perkembangan motorik halus sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan atara nilai pre-test dan post test dengan p value 0,083>0,05. Hasil analisa data menggunakan uji mann Whittney yaitu nilai p value 0,000< α (0,05), sehingga disimpulkan memiliki perbedaan antara kelompok eksperimen yang mendapat kegiatan mewarnai menggunakan teknik usap abur dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan kegiatan mewarnai menggunakan teknik usap abur. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh stimulasi bermain mewarnai terhadap perkembangan motorik halus anak pada usia prasekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kegiatan mewarnai dengan teknik usap abur dapat menjadi landasan bagi tenaga kesehatan untuk bisa diterapkan baik di bidang komunitas maupun klinik sebagai upaya meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109359
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1602]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository