Analisis Pelayanan Pelanggan pada UMKM D'zeera Kota Cilacap Jawa Tengah
Abstract
Berdasarkan dari hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) pada UMKM D’zeera kota 
Cilacap Jawa Tengah terkait Kegiatan Administrasi dan Pelayanan Pelanggan yang 
dilakukan pada pagian Customer Service dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Kegiatan-kegiatan administrasi tidak bisa dilepaskan dari ruang lingkup 
keseretariatan. Pengelolaan kegiatan administrasi pada pelayanan pelanggan UMKM 
D’zeera kota Cilacap, mencakup melayani permintaan-permintaan pelanggan terkait 
produk yang di jual, seperti membalas chat dan menginformasikan hal penting terkait 
produk. Kegiatan administrasi dibagian Customer Service pada UMKM D’zeera kota 
Cilacap dilaksanakan untuk menghimpun data-data dan mengolahnya sehinga data 
tersebut nantinya akan digunakan sebagai data pendukung untuk kelangsungan 
kegiatan UMKM D’zeera.
2. Pelayanan pelanggan pada bagian Customer Service di UMKM D’zeera kota Cilacap 
Jawa Tengah dilakukan agar dapat memberikan citra baik kepada para pelanggan
yang ingin membeli produk yang dijual oleh UMKM D’zeera dan menjaga 
keloyalitasannya. Langkah-langkah yang perlu diambil dan dilakukan adalah seperti 
memberikan pelayanan terbaik walaupun melalui media sosial dengan fast respon 
saat membalas chat dari pelanggan, menggunakan bahasa yang santun dan ramah dan 
tidak berbelit-belit saat merespon permintaan dari pelanggan.
